45 Fakta Bayi Baru Lahir

 Apakah Anda tahu fakta yang bayi Anda miliki saat baru lahir? Ini faktanya yang mungkin belum Anda ketahui:
  1. Bayi baru lahir memiliki sekitar 300 tulang, dan orang dewasa memiliki 206.
  2. Bayi baru lahir memiliki cradle cap (kerak topi) pada minggu pertama, namun dapat juga terjadi pada usia lebih dari 3-4 bulan. Kulit kepala bayi tampak dilapisi oleh lapisan kerak yang cukup tebal dan berminyak.
  3. Mata bayi baru lahir tampak juling pada saat ia mencoba fokus pada objek. Ini merupakan hal yang normal karena syaraf kendali mata bayi belum sepenuhnya berkembang.
  4. Perubahan rambut bayi baru lahir dalam waktu 6 bulan bisa berbeda-beda, ada yang tebal, tipis, dan botak. Hal ini dipengaruhi oleh hormonal ibu, faktor genetik, dan faktor kecepatan tumbuh rambut.
  5. Bayi baru lahir hanya berkeringat dari dahinya beberapa hari pertama saja. Sedangkan bayi prematur tidak berkeringat sampai usia 9 bulan lebih seminggu.
  6. Telinga bagian dalam bayi adalah satu-satunya organ yang harus dikembangkan sepenuhnya sebelum bayi keluar dari rahim.
  7. Pertumbuhan bayi sangat cepat, biasanya wajah bayi akan terlihat sangat berbeda dalam beberapa hari.
  8. 40% bayi  memiliki bintik putih di wajahnya. Jangan khawatir, bintik-bintik ini umumnya  akan menghilang dalam seminggu pertama.
  9. Setiap bayi yang baru lahir warna matanya cerah dan proses pigmentasi pada iris mata bayi belum benar-benar bekerja. Warna asli dari mata bayi akan terlihat pada saat bayi berusia sekitar 6 bulan.
  10. 70% bayi baru lahir memasukkan jari-jari ke mulutnya. Beberapa bulan kemudian, di saat sudah bisa memegang suatu benda, bayi juga cenderung memasukan berbagai benda ke dalam mulutnya.
  11. Hampir semua bayi baru lahir  memiliki bulu-bulu halus, tipis, dan panjang di tubuhnya yang disebut lanugo. Lanugo mulai tumbuh sejak janin berusia 5 bulan, dan akan hilang menjelang proses kelahiran digantikan oleh rambut sesungguhnya yang lebih tebal.
  12. Bayi baru lahir rata-rata tidur 18-22 jam sehari. Uniknya, bayi Anda akan tidur cukup lama di saat siang hari, namun  pagi dini hari ia akan terjaga.
  13. Bayi baru lahir mengenali lagu dan suara yang mereka dengar di dalam kandungan,  bahkan sampai empat bulan setelah kelahirannya.
  14. Urine bayi yang baru lahir mengandung urates chemicals yang dapat mengubah popok dari putih menjadi warna merah muda atau oranye.
  15. Suara ‘grok-grok’ saat bernapas pada bayi sedang tidur adalah wajar, lantaran saluran napas bayi masih ‘lunak’. Menjemur bayi Anda di bawah sinar matahari yang mengandung vitamin D akan mengoptimalkan fungsi pernapasannya.
  16. Bayi baru lahir  menangis tanpa air mata sampai 3 minggu,  bahkan lebih. Hal ini karena saluran air mata belum berkembang sampai mereka berusia sekitar 12 minggu.
  17. Lebih dari 95% bayi yang baru lahir di dalam 24 jam pertamanya sering pipis dan ganti popok. Ini karena otot kandung kemih bayi yang baru lahir belum sempurna.
  18. Bayi terkadang bisa menangis begitu saja dengan kencang, meskipun kondisinya tidak apa-apa bahkan setelah menyusu. Itu artinya ia bosan. Tapi, jika beberapa menit kemudian menangis lagi, itu tandanya dia butuh stimulasi lainnya. Tenangkan atau hentikan tangisnya dengan menggendong dan mengajaknya jalan-jalan, di dalam atau luar rumah.
  19. Tidak bisa fokus pada objek yang jaraknya lebih dari 8 sampai 10 inci dari wajahnya.   Ia hanya bisa melihat warna hitam dan putih.  Di usia   empat bulan, barulah mereka mengenali berbagai warna cerah.
  20. Suhu normal bayi baru lahir  berkisar 36,6 hingga 37 derajat celcius. Suhu bayi di atas 38 derajat celcius sudah dianggap demam.
  21.  Skrining pada bayi paling baik dilakukan saat bayi berumur 48-72 jam. Hal ini dapat menyelamatkan, setidaknya 3.400 jiwa bayi baru lahir setiap tahunnya.
  22.  Sebagian bayi yang baru lahir kerap bersin beberapa kali di dalam rentang waktu yang cukup singkat. Bahkan dalam beberapa menit setelah ia dilahirkan.  Ini bukan  pertanda sakit, tapi merupakan kepekaan ekstra yang ia miliki  terhadap kondisi sekelilingnya.
  23. Gumoh normal (memuntahkan sedikit ASI setelah menyusu) dialami oleh sebagian besar bayi pada usia 0-12 bulan. Biasanya, ini karena bayi belum disendawakan setelah menyusu.
  24.  Hingga usia 6-7 bulan bayi bisa bernapas dan menelan pada waktu yang bersamaan, sedangkan orang dewasa tidak bisa.
  25.  Bayi bernapas lebih cepat dari orang dewasa,  yaitu sekitar 30-50 kali dalam 1 menit, sedangkan orang dewasa sekitar 15-20 kali dalam satu menit.
  26. Cegukan pada bayi dimulai dari rahim dan sering terjadi pada waktu yang sama setiap harinya.
  27.  1 dari 8 bayi lahir prematur di AS, sementara negara seperti Irlandia dan Firlandia memiliki 1 dari 18 bayi yang lahir prematur.
  28.  Pada minggu pertama, bayi dapat kehilangan 5-10% berat badannya,  meskipun ia menyusu setiap jam. Hal ini  karena  bayi kehilangan cairan dari mekonium. Namun di minggu ke dua,  bobotnya akan kembali lagi, bahkan akan bertambah dari sebelumnya.
  29. Ubun-ubun bayi baru lahir berdenyut karena belahan-belahan tulang tengkoraknya belum menyatu dan mengeras  sempurna. Kira-kira setelah 2 tahun, denyut di ubun-ubun akan hilang.
  30. Ada sekitar 353.000 bayi yang lahir di dunia setiap harinya.
  31.  Saat lahir, bayi telah mempunyai sejumlah reflek. Selain refleknya mengisap, bayi juga punya reflek moro atau reflek kejut. Ketika terkejut kerena reflek tersebut, tangan bayi akan terlihat memposisikan seperti petinju. Refleks dapat membantu bayi beradaptasi dan menyesuaikan dirinya dengan lingkungan baru.
  32.  Berat bayi normal yang dilahirkan memiliki berat  antara 2,5 hingga 4 kg. Faktor mempengaruhi berat badan bayi yang baru lahir adalah kesehatan, keturunan dan nutrisi yang dikonsumsi ibu saat mengandung.
  33. Sekitar 95% bayi kencing dalam 24 jam pertama dan mengeluarkan mekonium (feses yang pertama keluar berwarna hijau kehitaman). Mekonium sangat penting, sebagai indikator apakah pencernaannya normal atau tidak.
  34. Bayi baru dapat mengecap rasa  manis, pahit, bahkan pedas, kecuali rasa asin.
  35. Tidak memiliki tempurung lutut dan baru akan berkembang di usia antara 6 bulan hingga 1 tahun.
  36.  Ada sekitar sepertiga bayi yang dilahirkan dengan tali pusar di leher mereka.
  37.  Memiliki indra penciuman yang sangat kuat, sehingga bayi mudah mengenali ibunya melalui penciuman sendiri.
  38. 25-30% berat badan bayi ialah berat kepalanya. Berat otaknya 10%  dari total berat badannya. Hal ini akan berkembang seiring berjalannya waktu.
  39. Bayi kembar memiliki ikatan alami. Penelitian kepada lima bayi kembar menunjukkan bahwa mereka memiliki kontak fisik di rahim 30% pada minggu ke 18.
  40. Kembar identik memiliki DNA yang sama,  namun tidak memiliki sidik jari yang sama.
  41. Bayi baru lahir biasanya punya bau wangi yang menyenangkan. Bahkan mulutnya juga wangi. Sebuah studi mengungkapkan bau bayi ini sebenarnya merupakan senyawa kimia yang jadi media komunikasi sekaligus sarana dalam membentuk ikatan antara bayi dengan ibunya.
  42. Bayi baru lahir sampai usia 6 bulan memiliki refleks menyelam dan secara otomatis akan menahan napasnya jika terendam air.
  43. Bayi baru lahir umumnya memiliki kepala tidak rata & berbentuk lonjong. Bayi yang lahir lewat persalinan normal biasanya memiliki bentuk kepala lonjong meruncing.
  44. Bayi baru lahir belum bermain, namun mereka dapat menikmati dunia dengan mata, telinga dan tubuhnya. (DEN)

 

Follow Us

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia