6 Minggu Pertama Bayi

Awal menjadi ibu baru tentu menjadi momen yang paling bahagia dan penuh kesan. Sayang sekali jika Anda melewatkan satu momen proses tumbuh kembang bayi Anda. Apa yang terjadi selama enam minggu pertama si bayi? Yuk simak pencapaiaan yang sudah dilakukan bayi Anda!
  1. Bayi Anda mulai bisa mengikuti arah cahaya atau mainan yang diayun dari satu arah ke arah lainnya. Tak ada salahnya Anda ajak ia ‘bermain mata’.
  2. Walaupun belum sempurna, tetapi penglihatannya terus meningkat. Begitu pula dengan jangkauannya , memang masih sangat terbatas, tetapi ia mulai melihat sebuah objek dengan lebih detail.
  3. Walau hanya sekilas, bayi Anda sudah bisa memberikan senyuman saat Anda berbicara padanya. Bahkan ia pun ikut membuka dan menutup mulutnya saat Anda bicara.
  4. Wow, ia pun sudah bisa mengontrol pergerakan kaki dan tangannya. Bayi Anda sudah bisa ‘menyuruh’ tangannya untuk memegang wajah Anda.
  5. Kulit kering dan bercak kebiruan di kaki atau tangan bayi mulai menghilang. Sekarang, sudah mulus kulitnya.
  6. Kaki dan otot-otot kakinya mulai tumbuh secara perlahan, menjadi lebih tegak dan kuat. Tapi ia tetap masih belum bisa berdiri, ya, Bunda.
  7. Punggungnya terlihat masih rapuh, tapi jangan anggap remeh. Sebab, ia sudah bisa mengendalikan leher dan tulang belakang.
  8. Bayi Anda akan menjadi lebih diam ketika Anda bicara. Karena ia sedang mendengarkan Anda. Dan ia akan membuat suara “ah” untuk merespon omongan Anda. (DEN)

 

Follow Us

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia