Aman Memandikan Bayi

Ketika bayi Anda bukan lagi bayi baru lahir yang mungil dan masih ringkih, acara memandikan bayi bisa jadi momen yang menyenangkan. Bayi biasanya senang ketika merasakan percikan air di tubuhnya. Tak heran kalau ia akan sering ‘menghadiahi’ Anda senyuman ketika Anda mengguyur tubuhnya. Meski begitu, jangan melupakan syarat utama keselamatan bayi saat mandi: Jangan sekalipun meninggalkan bayi di dalam bak mandi atau baby bather tanpa pengawasan!

Nah, agar acara mandi berlangsung aman dan menyenangkan, berikut adalah beberapa hal yang harus Anda perhatikan:
1.    Ciptakan suhu yang hangat untuk air mandi. Caranya, masukkan air dingin terlebih dulu (hindari memasukkan air panas terlebih dahulu, untuk menghindari ‘kecelakaan’ bayi terjatuh ke dalam bak mandi!), kemudian tambahkan dengan air panas hingga tercipta suhu hangat yang diinginkan.
2.    Periksa suhu air mandi dengan menggunakan telapak tangan Anda. Menurut situs babycenter.co.uk, suhu air yang direkomendasikan adalah 37 derajat celsius. Jika tak yakin dengan keakuratannya, Anda bisa menggunakan termometer air mandi yang dirancang berbentuk seperti mainan. Atau, sekarang ini juga sudah banyak bak mandi yang dilengkapi dengan termometer.
3.    Tutup pintu kamar mandi untuk menjaga supaya suhu air mandi tidak cepat dingin. Ketika suhu air mandi sudah mulai dingin, segera angkat bayi dari bak mandi dan kenakan handuk tebal untuk menyelimutinya.

 

Follow Us

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia