Anak Takut Mandi, Mengapa?


Anak biasanya sangat suka berada di dalam dan sekitar air, serta menikmati saat mandi. Namun, entah mengapa belakangan ini ia merasa takut air, bahkan menolak dekat-dekat bathtub. Menurut Dr. William Sears, pengasuh Ask Dr. Sears di www.parenting.com, “Si kecil mendadak takut air adalah contoh lain dari banyak hal yang tidak bisa dijelaskan dan mungkin sedikit aneh, namun akan menghilang pada masa kanak-kanak. Hal ini wajar terjadi, kok. Walau Anda mungkin tidak pernah tahu apa yang sebenarnya menjadi pemicu, hal ini sebenarnya cara ia membangun awareness terhadap lingkungan sekitarnya atau suatu perubahan dalam rutinitas keluarga.”

Ketika salah satu anak Dr. Sears mengalami hal ini, akhirnya ia melacak asal-usulnya dan menemukan bahwa penyebab ketakutan anak adalah karena ia selalu membayangkan dirinya ‘tersedot’ ke saluran air bathtub. Kabar baiknya, seiring bertambahnya waktu dan kematangan diri, ketakutan anak Anda akan berlalu. Dan, kecuali untuk area diaper, kebanyakan anak usia 15 bulan, tidak sebegitunya menjadi cepat kotor. Jadi, tenang-tenang saja, ya, Ma!

Jika trik-trik ini gagal, ‘mandikan’ si kecil dengan spons (hati-hatilah pada area diaper, ya) dan keramas rambutnya beberapa kali seminggu. Seiring perjalanan waktu, fase ini akan berlalu dan anak siap mandi di bathtub kembali. (foto: fotosearch)

Baca juga: Agar Mandi Jadi Menyenangkan
 

 

Follow Us

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia