Ayah, Teman Mandi Asyik!


 

Mandi, sering menjadi kegiatan menyebalkan buat anak, terutama saat ia sedang asyik bermain. Kakinya seperti terekat erat di lantai, tak mau beranjak ke kamar mandi. Digotong, meronta-ronta.  Tapi kalau sudah mandi, ia juga tak ingin segera keluar dari kamar mandi.  Ayah bisa memindahkan tempat bermain si kecil ke kamar mandi,  sehingga acara mandi tidak harus selalu diawali dengan pertempuran.
 
“Pindahkan” Kamar Mandi
Banyak kemungkinan si kecil tidak mau masuk kamar mandi. Mungkin ia bosan dengan suasana kamar mandi, mungkin aroma kamar mandi yang tidak ia sukai, lampu kamar mandi kurang terang, pernah bertemu serangga, atau tersedak air mandinya.  Ayah bisa mencoba alternatif tempat lain untuk kegiatan mandi bersama si kecil.   Misalnya, di halaman belakang dengan air seember besar atau kolam plastik. Masukkan mainan anak ke dalam ember.  Sabuni si kecil terlebih dahulu, kemudian masukkan ia ke dalam kolam plastik. Biarkan ia bermain sesaat dengan mainannya.
 
Buatkan Gelembung Sabun
Gosok tubuh si kecil dengan sabun mandinya. Ambil sedikit sabun, cairkan dan tiuplah  menjadi balon-balon sabun. Tangan ayah yang besar akan menghasilkan balon yang besar. Anak  pasti senang.
 
Ayah Ikut Mandi
Mandilah bersama anak. Gunakan waktu ini untuk menjelaskan tahapan mandi dan cara menggosok tubuh yang benar.  Saat mandi bersama, anak juga akan belajar perbedaan tubuhnya dengan ayahnya. Nantikan saatnya ia akan banyak bertanya tentang perbedaan itu. American Academy of Pediatric menyarankan waktu yang tepat untuk Anda bisa mandi bersama dengan anak adalah di usia anak 18 bulan hingga 3 tahun. Ini usia ketika anak mulai penasaran tentang tubuhnya. Akhiri kegiatan mandi bersama anak ketika ia berusia 5 tahun atau ketika anak sudah masuk sekolah,”  kata Dr Richard Beyer, seorang psikolog asal Arcadia, California, AS.
 
Setelah Mandi
Keringkan tubuh anak dengan handuk hingga benar-benar kering. Bila ia melarikan diri sebelum benar-benar kering, kejar, tangkap dan keringkan lagi. Jelaskan pada anak bahwa  stubuhnya harus kering demi kesehatan kulinya. Acara kejar-kejaran ini sangat disukai si kecil. Setelah itu kenakan pakaian bersih, dan rapikan rambutnya. 

 
ESTER SONDANG
FOTO:  SHUTTERSTOCK


 
 
 

 

Follow Us

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia