Ayah, Teman Mandi Asyik!


 

Mandi, sering menjadi kegiatan menyebalkan buat anak, terutama saat ia sedang asyik bermain. Kakinya seperti terekat erat di lantai, tak mau beranjak ke kamar mandi. Digotong malah meronta-ronta. Bunda sudah kehabisan akal mencari cara agar acara mandi tidak selalu diawali dengan pertempuran. Kini, saatnya Ayah turun tangan membantu!

CARI TAHU
Pertama-tama, cari tahu apa penyebab si kecil tak mau mandi. Mungkin ia bosan dengan suasana kamar mandi, aroma kamar mandi yang tak sedap, lampu kamar mandi kurang terang, melihat serangga, atau tersedak air mandi. Jika sudah tahu penyebabnya, terangkan pada anak bahwa hal itu tidak akan terjadi lagi.


“PINDAHKAN” KAMAR MANDI

Jika anak masih kurang nyaman mandi di kamar mandi, coba alternatif tempat lain, misalnya dengan 'menyulap' halaman belakang jadi tempat mandi. Gunakan ember besar atau kolam plastik untuk menampung air. Dan agar kegiatan mandi menjadi lebih menyenangkan, masukkan beberapa mainan tahan air milik anak ke dalam ember/kolam, sabuni si kecil, bilas, lalu masukkan ia ke dalam ember atau kolam plastiknya. Biarkan ia bermain sesaat dengan mainannya.

BUATKAN GELEMBUNG SABUN
Gosok tubuh si kecil dengan sabun mandinya. Ambil sedikit sabun, cairkan dan tiuplah menjadi balonbalon sabun. Tangan ayah yang besar akan menghasilkan balon yang besar. Anak pasti senang.

SAMBIL BELAJAR
Gunakan waktu mandinya untuk menjelaskan tahapan mandi dan cara menggosok tubuh yang benar. Ini sekaligus mengetes anak apakah ia tahu bagian-bagian pada tubuhnya, sekaligus mengasah kemampuan motoriknya. “Ayo, punggungnya digosok, ya. Letak punggung di mana, hayoo…?”

SETELAH MANDI
Keringkan tubuh anak dengan handuk. Bila ia melarikan diri sebelum benar-benar kering, kejar, tangkap, dan keringkan lagi. Jelaskan pada anak bahwa tubuh harus kering demi kesehatan kulitnya. Acara kejar-kejaran ini sangat disukai si kecil. Setelah itu ajak anak mengenakan pakaian, lalu sisir rambutnya. Ajak ia bercermin untuk melihat perbedaan dirinya sebelum dan sesudah mandi.

Agar si kecil selalu ceria saat bersama Anda, pastikan ia me makai popok celana yang nyaman dan tahan hingga 12 jam seperti Baby Happy Body Fit Pants. Inovasi Comfort Fit & Dry membuat lapisannya lebih tipis dan lembut namun daya serapnya 50% lebih banyak. Si kecil pun lebih nyaman, bebas bergerak, dan ceria bersama Anda.

ESTER SONDANG
FOTO:  SHUTTERSTOCK, BABY HAPPY BODY FIT PANTS

 

 
 

 

Follow Us

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia