Bayi Menangis Tak Keluar Air Mata

Ternyata, bayi baru lahir sering menangis tanpa meneteskan air mata. Mengapa? Ini terjadi karena saluran air matanya belum terbentuk secara sempurna.

“Padahal, air mata biasanya menunjukkan kalau bayi sedang merasa frustrasi atau kesakitan,” kata Jennifer Shu, M.D., penulis Heading Home With Your Newborn. Memang, bayi menangis karena berbagai alasan. Misalnya, ia merasa tidak nyaman, lelah, bosan, atau lapar. Dan, menangis merupakan satu-satunya cara bayi berkomunikasi dengan orang tua atau orang di sekitarnya.

Meski begitu, bukan tak mungkin hal ini adalah juga indikasi terjadi sesuatu yang lebih serius. Misalnya, bayi mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh. Jadi, kalau mata bayi Anda terlihat sangat kering, berikan minum yang cukup. Hanya saja, jika minum saja tidak membantu, ini berarti saluran air matanya ada sumbatan atau terhalang.

Jangan langsung panik, Ma! Kondisi akan teratasi dengan sendirinya dalam beberapa bulan. Lalu, apa solusi terbaik? Dokter anak Anda mungkin akan menyarankan agar Anda memijat bagian tertentu dari saluran air mata bayi Anda. Dengan cara ini, diharapkan air mata akan menetes saat bayi menangis.

 

Follow Us

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia