Gejala 4 Penyakit Ini Ruam dan Demam. Bagaimana Membedakannya?

DBD
Demam berdarah disebabkan oleh virus dengue yang ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes Aegypti betina yang dibawa dari penderita lainnya. Nyamuk ini biasanya mengigit manusia di siang hari.

Gejala demam berdarah biasanya muncul 13-14 hari setelah masa inkubasi dan bercak merah tidak selalu terlihat di hari pertama. Kemunculan  penyakit ini ditandai dengan demam tinggi, sakit kepala, menggigil, nyeri otot, dan persendian yang terasa sakit. Hampir sekitar setengah penderita demam berdarah mengalami ruam.

Ruam yang timbul sebagai tanda penyakit demam berdarah ini mirip dengan penyakit campak. Tetapi yang khas, saat kulit diregangkan ruam merah tersebut tidak akan hilang. Walau bentuknya mirip gigitan serangga, ruam ini tidak menimbulkan rasa gatal karena ia timbul akibat pecahnya pembuluh darah di dalam tubuh.

Ruam bisa tidak menonjol atau menonjol dan banyak muncul di daerah lipatan tangan dan sebagian besar anggota tubuh, seperti telapak tangan dan kaki, tapi tidak pada muka. Ruam akan bertahan sekitar 2-5 hari.

dr. Nathanne Septhiandi, Sp.A dari Klinik Brawijaya Jakarta menambahkan, jika kadar trombosit masih di atas 200 ribu, maka rawat jalan masih bisa dilakukan, asalkan anak diberi banyak minuman yang banyak mengandung elektrolit.

Parasetamol dan acetaminophen adalah obat yang tepat untuk meredakan demam dan nyeri. Jika terjadi kompikasi nyeri perut hebat, mutah, perdarahan, tinja hitam, lemas dan dingin di ujung kaki dan tangan segeralah bawa anak ke rumah sakit terdekat.

Bahayakah?
DBD bisa berulang dan biasanya pada serangan kedua dan berikutnya gejala yang dirasakan akan lebih berat. DBD juga bisa jadi lebih berbahaya jika dialami oleh anak. dr. Ari Prayitno, SpA(K) Divisi Penyakit Tropik dan  Infeksi,  Departemen Ilmu Kesehatan Anak RSCM menjelaskan, ini terjadi karena respon imun anak terhadap infeksi virus dengue belum sempurna.

Infeksi akhir akan berupa kerusakan dinding pembuluh darah dan perembesan plasma darah.

 

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

Gejala 4 Penyakit Ini Ruam dan Demam. Bagaimana Membedakannya?

Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia