Ini Tandanya Bayi Siap Belajar Berjalan


Usia awal kehidupan bayi ditandai dengan banyak milestone yang berpengaruh bagi kelangsungan tumbuh kembangnya. Seperti merangkak, tumbuh gigi, tengkurap, dan lainnya. Dari semua milestone itu yang mungkin akan selalu Anda kenang adalah momen ketika anak mulai belajar berjalan.

Berjalan merupakan lompatan perkembangan besar untuk bayi. Tapi Anda perlu ingat bahwa bayi belajar berjalan atas dorongan kemauannya sendiri. Jadi Anda jangan khawatir apabila melihat bayi lain yang sepantaran sudah belajar berjalan, sementara bayi Anda masih asik merangkak.

Baca juga : Tahap Tumbuh Kembang Bakat Anak

Sebelum Anda memutuskan untuk mengajari anak mengayunkan langkah kakinya, sebaiknya kenali dulu sinyal-sinyal yang mengindikasikan bahwa ia memang sudah siap belajar berjalan. Antara lain:
  • Anak mulai berusaha berdiri. Biasanya dimulai pada usia 8 bulan dan tahap ini akan berlangsung selama 3 bulan. Untuk menopang tubuhnya, anak suka memanfaatkan furnitur sebagai pegangan. Maka itu Anda perlu menyingkirkan benda tajam dan berbahaya.
  • Menjelajah seisi ruangan dengan gerakan merangkak yang cepat.
  • Menapaki tangga dengan kedua tangan dan kakinya
  • Jadi super berani. Jangan khawatir jika Anda melihat bayi seolah berubah sok berani. Biarkan ia bereksplorasi dengan keahlian barunya melangkahkan kaki setapak demi setapak. Sesekali ia akan terjatuh, di sini tugas Anda adalah menyemangati supaya muncul konsep diri yang positif pada bayi.
Secara umum bayi melakukan langkah pertama ketika menjelang hari ulang tahun pertama mereka. Namun waktu ini bisa bervariasi mulai dari 9 bulan sampai 18 bulan.  Tapi ada juga anak yang ia tidak pernah belajar merangkak tapi milestone-nya langsung melompat fase berdiri. Namun, Anda perlu berkonsultasi pada dokter jika pada tahun pertama anak sama sekali tidak belajar merangkak. (Alika Rukhan)