Menggendong Bayi Yang Benar


Wajar jika seorang ibu baru masih canggung menggendong bayi. Padahal, bayi yang baru lahir seringkali harus digendong. Pasalnya bayi yang baru lahir masih membutuhkan kehangatan seperti yang ia rasakan ketika dalam kandungan, dan menggendong serta memeluknya merupakan cara tepat untuk menggantikan semua itu.

Lalu bagaimana cara yang tepat untuk menggendong bayi? Tidak terlalu sulit kok, ikuti saja cara-cara berikut ini:
  • Ketika bayi telentang di tempat tidur, sisipkan salah satu telapak tangan (biasanya tangan kiri) di punggung dan bokongnya. Kemudian sisipkan telapak tangan kanan Anda ke belakang leher dan kepalanya.
  • Angkat bayi secara perlahan. Seluruh tubuhnya tersangga dengan baik dan kepalanya tidak akan berputar karena sudah disangga oleh tangan kanan Anda.
  • Dengan hati-hati, pindahkan kepalanya ke bagian dalam siku atau bagian dalam lengan Anda. Dalam keadaan ini, bayi merasa nyaman karena kepala, leher dan seluruh tubuhnya tersangga dengan baik.
  • Untuk memeluk bayi dan menyandarkannya ke bahu Anda, sangga leher dan kepalanya dengan tangan yang lebih bebas (tidak menyangga leher dan kepala), lalu pindahkan posisi bayi menyandar ke bahu. Sangga berat badannya dengan cara meletakkan telapak tangan di bokongnya. Jaga kepala dan lehernya yang masih lemah dengan telapak tangan yang lain. (DEN)

 

Follow Us

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia