Penyebab Bayi Tantrum

Tanya: Bayi (10 bulan) sudah tantrum. Ia akan menangis jika diletakkan di car seat atau terjatuh saat mencoba berdiri. Normalkah ini?

Jawab: Sepertinya Anda termasuk Mama yang beruntung mendapat bayi kecil yang cerdas dan punya kemauan yang tinggi. Ia akan bertingkah ketika tidak mau melakukan sesuatu atau tidak bisa melakukan apa yang diinginkannya. Beberapa sifat yang membuatnya cenderung tantrum – kreativitas, ketekunan, dan sensivitas – sebenarnya akan menjadi aset yang berharga saat ia lebih besar. Pada saat ini, hal tersebut membuatnya merasa tidak nyaman.

Biasanya, ekspresi tidak senang ini baru muncul nantinya. Meski begitu, ada beberapa bayi yang bisa saja merasa lebih mudah frustasi ketimbang bayi yang lain. Anak yang impulsif akan mudah tantrum jika apa yang diinginkannya melebihi kemampuan yang dimilikinya. Nah, langkah pertama yang bisa Anda lakukan untuk membuat bayi Anda bisa mengatasi rasa tidak nyamannya adalah melihat situasi yang memicu terjadinya tantrum.

Lalu, Anda bisa melakukan intervensi sebelum ia keburu merasa frustasi. Bila salah satu dari bayi dr. Sears, pengasuh rubrik dr. Sears di www.parenting.com, merasa putus asa akibat terjatuh saat mencoba memanjat sofa, istrinya (Martha) dan dia tidak langsung mengangkatnya dan mendudukkannya di sofa. Sebaliknya, mereka menempatkan bantal-bantal di atas lantai dan membiarkan si kecil memeluknya. Hal ini sebenarnya merupakan versi yang lebih mudah dari apa yang sebenarnya ingin dia lakukan.

Sering kali, anak yang tantrum akan menunjukkan beberapa tanda sebelumnya, yakni tangan dan kakunya menjadi kaku, serta melengkungkan bagian belakang tubuhnya. Bila ini terjadi, segera memijatnya (secara perlahan usap-usaplah bagian belakang tubuh, tangan, dan telapak tangan).

Pilihan lain: Alihkan perhatiannya pada hal lain. Ketika putrinya, Hayden, mulai terlihat frustrasi, mereka cepat-cepat mengalihkan perhatiannya dengan membuat mimik muka lucu. Mereka menyebutnya sebagai strategi ‘menyelamatnya dari dirinya sendiri.’ Sekali keterampilan motorik dan verbal yang dilakukannya sesuai dengan keinginannya, tantrum akan mereda.

 

Follow Us

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia