Sukses Menyusui ASI Eksklusif, Ini Tipnya!


Dok. 123RF

Menyusui merupakan pengalaman paling indah tak tergantikan yang dialami oleh ibu dan bayi. Manfaat ASI sangat penting untuk tumbuh kembang bayi. Maka itu, konselor laktasi dari RSIA Bunda, dr. Yolanda Safitri MPH(M) menyarankan sebaiknya ibu menyusui bayi minimal selama 6 bulan. Agar sukses menjalaninya, simak tip menyusui ASI eksklusif berikut ini:
  1. Ikuti kelas menyusui. Biasanya ketika mengikuti kelas ini Mama dan Papa akan diberikan bekal informasi terkait cara menyusui yang benar, bagaimana memijat payudara agar ASI keluar deras, bagaimana posisi yang benar saat memberikan ASI, serta pentingnya dukungan suami dan keluarga agar produksi ASI lancar.  
  2. Baca buku tentang menyusui. Anda juga bisa mendapatkan informasi dengan membaca buku-buku terkait menyusui eksklusif yang banyak terdapat di toko-toko buku. Pilihlah buku dengan bahasa yang ringan dan jelas.
  3. Punya support system yang baik. Dukungan dari orang sekitra, seperti suami, orang tua, mertua hingga anggota keluarga lain juga berperan penting agar produksi ASI lancar. Saat Mama perlu istirahat, si kecil bisa dititipkan pada mereka, kan? Mama cukup istirahat dapat membantu meningkatkan produksi ASI.
  4. Infokan atasan jika Mama bekerja. Beritahu atasan Anda jika setiap 3 jam sekali Anda mungkin harus izin memompa ASI demi memenuhi kebutuhan gizi anak di rumah.
(Aprilia SR)

 

 

Edisi Terbaru

Aku Indonesia

Follow Us

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia