Tahap Tumbuh Kembang Bayi Laki-laki

Sebenarnya, apa kata penelitian tentang gender dan bayi? Suatu penelitian membuktikan, saat bayi laki-laki dan perempuan usia 18 bulan ditunjukkan gambar dari boneka dan mobil, misalnya, kebanyakan bayi perempuan akan memilih gambar boneka dan sebagian besar anak laki-laki memilih gambar mobil. Sebenarnya, bayi usia ini sudah bisa dipengaruhi berbagai mainan yang sifatnya stereotype, yakni boneka untuk perempuan dan mobil-mobilan untuk laki-laki.

Namun, penelitian menyatakan, jika anak memilih hal berbeda, ini sebenarnya sudah bawaan dari lahir. Dan, berikut ini milestone anak laki-laki secara ilmiah:

- Mereka senang sesuatu yang bergerak. Menurut para psikolog di University of Cambridge, Inggris, anak laki-laki lebih menyukai benda yang bergerak ke sana sini ketimbang gerakan manusia. Misalnya, bagi bayi 12 bulan, wiper kaca mobil jauh lebih menarik daripada melihat seseorang berbicara.

Mereka bisa begitu fokus pada benda yang bergerak. Penelitian menunjukkan, bayi laki-laki 2 bulan lebih cepat memecahkan masalah mengapa benda ini bisa bergerak dibandingkan anak perempuan. Misalnya, jika Anda menggelendingkan bola di bawah kursi, butuh waktu beberapa menit untuk sampai di seberang kursi.

- ’Hobi’ mereka bergerak dan bergerak. Anak perempuan memang lebih cepat ngomong, tapi anak laki-laki lebih cepat berjalan. Bahkan, anak laki-laki biasanya lebih dulu menguasai berbagai keterampilan motorik penting. Tak mengherankan, menurut penelitian terbaru, anak laki-laki lebih banyak yang berakhir di UGD akibat kecelakaan, seperti terjatuh, terbentur, dll.

- Mereka lebih emosional. Fakta membuktikan kalau anak laki-laki lebih mudah gelisah daripada anak perempuan dan lebih sulit menenangkan dirinya. Menurut penelitian, bahkan ketika anak laki-laki usia 6 bulan terlihat lebih tenang saat frustrasi, ketika diukur detak jantung dan napasnya, terlihatlah kalau mereka lebih tertekan.

- Mereka menyukai gerombolan orang. Anak laki-laki lebih memilih berada dalam suatu kelompok ketimbang sendirian. Jika harus memilih, bayi laki-laki yang baru lahir lebih memilih untuk melihat mainan gantung yang bergerak ketimbang wajah seseorang.

- Mereka (lebih) berani. Anak laki-laki mengekspresikan rasa takut belakangan dari anak perempuan, serta biasanya hal ini jarang ditunjukkannya. Menurut survei terkini, orang tua dari anak laki-laki usia 3 – 12 bulan jarang melaporkan kalau anaknya akan terkejut begitu mendengar suara yang keras. Hal ini berbeda dengan orang tua dari anak perempuan usia serupa.

 

Follow Us

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia