Pilih Vitamin Anak

Akhir-akhir ini, media massa gencar menayangkan aneka vitamin untuk anak. Bagaimana memilihnya?

 

Jawaban :

Vitamin merupakan zat gizi yang harus diperoleh tubuh setiap harinya. Sama seperti zat gizi lainnya. Dan, mengonsumsi makanan sumber vitamin, seperti buah, sayur, dan sumber protein, akan mencukupi kebutuhan tubuh si kecil. Bahkan, ada istilah ‘five a day’, yakni istilah untuk konsumsi buah 5 kali dalam sehari. Jadi, vitamin memang dibutuhkan untuk optimalnya tumbuh kembang anak.

Bolehkah anak diberikan vitamin? Jika susah makan buah dan sayur, ia bisa diberikan vitamin atau multivitamin sebanyak 1 kali sehari. Bila berlebih, vitamin akan dibuang tubuh melalui urin atau buang air kecil.

Jadi, cukup 1 kali dalam sehari, ya. Jika anak sakit atau dalam proses penyembuhan, barulah vitamin atau multivitamin ini boleh diberikan sebanyak 2 kali sehari. Tentu saja, Anda bisa menanyakan hal ini pada dokter anak Anda. Satu hal yang perlu diingat adalah vitamin tidak serta merta akan meningkatkan nafsu makan anak. Jadi, jangan sampai salah persepsi, ya.

Ingin memilih vitamin untuk si kecil? Bacalah dengan hati-hati kemasan vitamin yang akan dibeli. Bila ragu, tanyakan pada dokter. Dengan begitu, Anda tidak akan salah memberi vitamin pada anak Anda.

DOKTER
DR. Dr. Rini Sekartini, Sp.A(K)
Divisi Tumbuh Kembang, Departemen Ilmu Kesehatan Anak, FKUI - RSCM Jakarta

Edisi Terbaru

Try Something New

Follow Us

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia