3 fakta seputar pil KB

1. Antibiotika tidak akan menurunkan khasiatnya. Penelitian menunjukkan, antibiotika semacam tetrasiklin, amoksilin, penisilin, dan obat-obatan yang mengandung sulfa, tidak akan menurunkan khasiat pil KB. Jadi, peringatan di kemasan obat sebenarnya tidak perlu terlalu dibesar-besarkan, ujar Cristina Munoz, M.D., profesor obstetri/ginekologi dari University of North Carolina, Chapel Hill.

2. Hampir semua merek mengurangi jerawat. Pil kombinasi estrogen dan progestin akan membuat kulit lebih bersih, walau butuh waktu beberapa bulan (Mereka bekerja dengan cara menurunkan kadar testosteron dalam tubuh, sehingga produksi minyak bisa ditekan.)

3. Waktu Anda mengonsumsi pil juga berpengaruh. Lakukan pada waktu yang sama setiap harinya. Ini membuat Anda lebih mudah mengingat, memastikan perlindungan terbaik terhadap kehamilan tak diinginkan, serta menghindari terjadinya perdarahan. Banyak pil KB yang mengandung estrogen dalam dosis rendah, dan ini berarti memperkecil kemungkinan terjadinya kesalahan, kata Dr. Munoz. Kalau Anda lupa, coba minum pil beberapa jam dari biasanya.         

PAR 0407  

 

Follow Us

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia