7 Langkah Bersihkan Gigi dengan Sempurna


Kesehatan gigi sangat menunjang penampilan sehari-hari. Anda pasti setuju jika gigi yang tak terawat, menjadi faktor penyumbang masalah kepercayaan diri. Buka mulut di depan pasangan maupun relasi pun jadi segan. Nah, agar hal itu tidak terjadi, coba tip berikut ini, Ma.
1. Pilih gagang sikat gigi yang tidak licin, berbulu halus, dengan kepala sikat yang bisa menjangkau hingga seluruh permukaan gigi dan gusi.
2. Ganti sikat gigi setiap dua bulan pemakaian, atau ketika bulu-bulu sikat gigi sudah mekar. Jaga sikat gigi selalu kering agar tidak berlumut dan berjamur.
3. Letakkan sikat gigi pada posisi 45 derajat terhadap gusi. Gerakkan sikat dari arah gusi ke bawah untuk gigi rahang atas, dan dari arah gusi ke atas untuk gigi rahang bawah. Lakukan gerakan seperti menyapu.
4. Sikat permukaan luar gigi dengan gerakan memutar, dengan menyentuh secara lembut gusi rahang bawah dan rahang atas.
5. Sikat seluruh permukaan dalam gigi belakang, juga dengan gerakan seperti menyapu.
6. Sikat permukaan dalam gigi depan secara vetikal dengan ujung sikat gigi.
7. Sikat permukaan kunyah dengan gerakan maju mundur.

Perlu Anda tahu:
Jus buah, seperti jeruk, yang mengandung kadar asam tinggi, akan merusak enamel gigi, sehingga gigi menjadi rapuh, seperti halnya jika Anda mengonsumsi minuman bersoda. Maka, seusai minum jus buah disarankan tidak langsung menyikat gigi, karena kandungan gula dan asam tinggi menyebabkan enamel gigi menjadi lunak. Menyikat gigi langsung akan membuat kerusakan pada enamel akan lebih cepat terjadi. Jadi, beri jeda waktu lebih dari 30 menit untuk melakukannya.

(foto: 123rf)

Edisi Terbaru

Love and Compassion

Follow Us

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia