8 Cara Tetap Bugar di Kantor



Kembali bekerja setelah cuti melahirkan memang bukan hal yang mudah dilakukan. Selain mengerjakan pekerjaan rumah, mengurus anak dan suami, Anda sudah ditunggu dengan kerjaan di kantor. Tentu saja Anda membutuhkan fisik dan mental yang sehat.

Jangan patah semangat, Anda bisa terus fit dengan 8 cara ini:

1. Siapkan camilan sehat
Penuhi kalori yang dibutuhkan tubuh dengan makanan yang mengandung banyak nutrisi, vitamin, dan mineral. Seperti sayuran, buah-buahan, dan camilan sehat lainnya.

2. Perbanyak minum
Ternyata tidak memiliki botol air minum di meja kantor, bisa membuat Anda tidak minum dengan cukup, sehingga kebutuhan cairan di tubuh berkurang. Hal ini menyebabkan dehidrasi, membuat Anda lesu, kembung, dan hilang konsentrasi. Pastikan Anda menyediakan botol minum minimal berisi 600ml di meja kerja agar tubuh terhidrasi dengan baik.

3. Bangun dari tempat duduk
Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), terlalu lama duduk merupakan penyebab kematian nomor 4, setelah tekanan darah tinggi, merokok, dan diabetes. Untuk itu pastikan Anda memasang reminder di handphone atau jam Anda setiap 30 atau 60 menit sekali, mengingatkan Anda untuk sering bergerak bangun dari tempat duduk. Berjalanlah menuju pantry mengambil minum, mencari udara segar, atau ke toilet.

4. Parkir kendaraan yang jauh
Parkir kendaraan Anda di stasiun, halte transjakarta, atau gedung kantor terdekat. Hal ini bisa membantu Anda berjalan sedikit lebih jauh. Sehingga kesehatan dan kebugaran tubuh tetap terjaga.

Baca juga: Ingin Olahraga di Malam Hari? Ini Aturannya!

5. Wajib makan siang
Jika Anda melewatkan makan siang, maka pada sore harinya Anda akan mengonsumsi lebih banyak makanan. Jadi, jangan lewatkan rutinitas ini dan pastikan memilih makanan yang sehat.

6. Stretching
Usahakan meluangkan waktu dua jam sekali untuk meregangkan otot-otot Anda. Seperti menggerakkan beberapa organ tubuh Anda, jari, leher, pinggang, dan kaki. Hal ini juga dapat dilakukan untuk mengusir kantuk dan sakit otot karena terlalu lama duduk.

7. Tata meja kerja
Kantor adalah tempat dimana Anda menghabiskan sebagian besar waktu. Lingkungan kantor yang menyenangkan termasuk meja kerja yang rapih, bersih, dekorasi yang unik bisa mempengaruhi kesehatan mental dan emosional. Hias meja Anda dengan barang-barang dan warna favorit. Foto si kecil juga bisa Anda letakkan di dekat komputer Anda, agar tambah semangat kerja.

8. Selalu bersyukur
Selalu mengucap syukur atas apa yang Anda miliki bisa membuat sehat fisik Anda juga. Awali hari Anda di kantor dengan menuliskan tiga hal yang paling membuat Anda syukuri. Lakukan hal ini setiap hari, karena bisa jadi kebiasaan baik untuk Anda.

Baca juga: Sudahkan Anda Bersyukur?

 

Edisi Terbaru

Aku Indonesia

Follow Us

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia