Agar Resolusi Karier Tercapai

Punya banyak resolusi karier? Inilah caranya agar resolusi Anda tercapai dengan mudah:


- Tetapkan tujuan yang jelas. Setiap resolusi baru bisa dijalankan, bila definisi dan tujuannya jelas. Kuncinya adalah jujurlah pada diri sendiri. Cobalah me-review keberhasilan maupun kegagalan Anda selama setahun belakangan.

Lalu, tanyalah pada diri sendiri, apa yang ingin Anda capai atau kurangi? Apakah Anda ingin pekerjaan yang lebih fleksibel? Tanggung jawab dan stres berkurang? Atau, ingin lebih sedikit meeting dan lembur? Tuliskan keinginan-keinginan itu dalam sebuah daftar.


- Buat rencana dan ukur hasilnya. Buatlah rencana-rencana yang bisa mendukung tujuan resolusi. Jika rencana Anda untuk lebih mengembangkan jaringan sosial, misalnya, cobalah memperluas pergaulan dengan mendatangi event-event sosial tertentu. Namun, pilihlah acara yang memang sejalan dengan tujuan Anda.

Contoh lainnya, bila Anda ingin dipromosikan ke tingkat manajer, belajarlah untuk berpikir dan bertindak seperti seorang manajer pada situasi-situasi tertentu. Setelah itu, coba review kembali progress rencana Anda. Misalnya, di setiap akhir bulan. 


- Tetap fokus. Sangatlah mudah untuk memulai tahun baru dengan segudang resolusi. Hanya saja, jangan sampai menjadi kehilangan fokus beberapa saat sesudahnya. Bila Anda kemudian merasa demotivasi dan tidak fokus, Anda bisa meminta bantuan rekan kerja yang terpercaya untuk berdiskusi, atau career coach untuk menyemangati Anda dan mengingatkan Anda mengenai mengapa Anda membuat resolusi-resolusi tersebut. 

 

Follow Us

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia