Arisan Sambil Olahraga

Makan ini, makan itu, icip ini, icip itu. Seringkali kita mengingkari komitmen untuk mengurangi karbo atau makanan manis saat arisan karena merasa tidak enak dengan teman yang sudah susah-payah menyediakan hidangan. Nah, bagaimana kalau arisannya sambil olahraga saja, Ma?
 
Mengapa arisan sambil olahraga?
Ini dia beberapa alasan arisan sambil olahraga akan jauh lebih menarik dan bermanfaat:

  • Meningkatkan kebersamaan

Dengan olahraga bersama, Mama bisa bergerak, tertawa, dan berteriak bersama teman-teman. Hal ini tentu akan menyenangkan, bukan?

  • Lebih bahagia dan mengurangi stres

Banyak studi telah membuktikan bahwa olahraga dapat membuat seseorang lebih bahagia. Dengan berolahraga, tubuh akan menghasilkan hormon endorphin yang mampu memicu rasa bahagia. Dengan begitu rasa stres yang muncul selama menjalani keseharian sebagai seorang ibu dapat ditekan.

  • Tidak menambah porsi makan harian

Dalam acara arisan, kita pasti akan menikmati beberapa hidangan. Bisa-bisa hal ini menambah porsi makan harian Anda. Mengalihkan acara arisan yang konvensional dengan olahraga akan sangat membantu untuk tidak menambah porsi makan harian, apalagi untuk Mama yang sedang diet.

  • Menghindari perbincangan negatif

Dengan berolahraga, Anda akan fokus pada bergerak, sehingga menghindari risiko Anda dan teman-teman terlibat perbincangan yang tidak penting atau negatif seperti bergosip.
 

Selain yoga atau nge-gym bersama, berikut jenis olahraga yang bisa Anda pilih:

  • Pound Fit

Olahraga yang populer di Indonesia sejak akhir 2016 ini bisa menjadi pilihan Anda dan teman-teman. Peralatan utama yang dibutuhkan dalam olahraga ini adalah stik drum. Gerakan pound fit memang seperti sedang menabuh drum. Olahraga yang termasuk jenis kardio ini berfungsi untuk menurunkan berat badan.
 
Di samping itu, selama sesi juga diiringi hentakan musik yang membangkitkan semangat. Max Planck Institute dari Human Cognitive and Brain Sciences mengemukakan, bahwa perpaduan antara olahraga dan musik bisa menjadi penghasil hormon endorphin yang sangat efisien.

  • Aqua Zumba

Zumba juga salah satu kelas olahraga yang bisa diikuti bersama-sama. Nah, perbedaan aqua zumba ini dengan zumba biasa adalah olahraga ini dilakukan di dalam air.
 
Anda dan teman-teman akan masuk ke kolam renang selama sesi aqua zumba. Dengan diiring musik rancak, gerakan aqua zumba membantu melatih otot kita. Dengan aqua zumba, kita bisa membakar kalori lebih banyak karena kita bergerak dalam massa air.

  • Kelas Dansa

Bukan hanya sekadar menari, mengikuti kelas dansa juga memiliki fungsi olahraga. Berdansa mampu membakar kalori dan lemak dalam tubuh serta meningkatkan kinerja metabolisme tubuh. Yang menyenangkan lagi, Anda dan teman-teman bisa bergoyang bersama. Beberapa kelas dansa yang bisa dicoba antara lain salsa, chacha, atau bachata.

  • Ballet Barre

Gerakan olahraga dalam ballet barre ini seperti sedang melakukan balet. Ballet bare mengombinasikan gerakan fitness, yoga, dan pilates, juga berfungsi untuk mengencangkan otot.
 
 
 
(LELA LATIFA)
 
FOTO: WWW.BALLETBARREWORKS.COM, WWW.XTENDBARRE.COM


Baca juga:

Memilih Arisan Sebagai Investasi
Yoga Untuk Ibu Hamil
 

 

Follow Us

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia