Berapa Porsi Tepat Sayur dan Buah Tiap Hari

Anda hanya makan sayur dan buah dalam porsi besar saat hamil & menyusui? Ubah kebisaan itu, Ma. Meski sedang tidak hamil dan menyusui, porsi sayur dan buah yang perlu Anda konsumsi tiap hari juga harus dalam porsi ideal.

Berapa sih, porsi ideal sayur dan buah tiap hari untuk menjaga tubuh tetap sehat?Sayur dan buah merupakan sumber nutrisi antioksidan dengan kandungan  vitamin dan mineral. Buah dan sayur juga kaya senyawa fitokimia anti-kanker serta serat. Sayangnya, masih banyak keluarga di Indonesia yang asupan sayur dan buahnya di bawah jumlah yang dianjurkan. Pakar nutrisi menganjurkan,  jumlah asupan sayur dan buah yang dianjurkan mencapai 25-30 gram perhari.

Asupan sayur dianjurkan sebesar 3-5 sajian sedangkan buah 2-4 sajian per hari. Sayur dan buah berfungsi memelihara mikroflora usus, mencegah obesitas, diabetes melitus, hipertensi, kanker kolon. Bahkan, asupan secara benar dan sesuai buah dan sayur akan mencegah penyakit berat seperti jantung koroner dan stroke serta batu empedu.

Berdasarkan anjuran Institut Kanker, sedikitnya tiap orang harus mengonsumsi lima kelompok pangan berwarna setiap hari, yakni merah, putih, biru atau ungu, kuning dan hijau. Keberagaman warna atau warna pelangi menunjukkan  senyawa fitokimia tertentu yang berkhasiat mencegah penyakit tertentu.

Warna merah pada tomat dan semangka misalnya mengandung likopen yang berkhasiat mencegah penyakit jantung, prostat dan kolon. Apel merah, stroberi, kubis ungu mencegah alzheimer dan kanker. Mangga, ubi dan labu berkhasiat melindungi paru-paru dan jantung. Jambu biji, pepaya belimbing untuk sintesis kolesterol dan kanker dan sebagainya.
 
Maka itu, usahakan setidaknya mengonsumsi jus buah yang mengandung tiga hingga lima jenis buah dan sayur berbeda warna. Karena sebenarnya tidak ada satu jenis makanan pun yang memiliki nilai gizi dan nutrisi paling lengkap. (Petty Lubis/Foto: dok.Feminagroup)

Baca juga: Buah & Sayur Ini Bisa Ringankan PMS    

 

Follow Us

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia