Berhenti Bekerja Seterusnya atau Sementara?

Hal biasa jika ibu bekerja ingin tetap di rumah ketika cuti melahirkan sudah berakhir, karena pastinya akan sangat berat meninggalkan bayinya.

Apalagi, bila belum ada asisten yang andal dan bisa dipercaya. Sehingga, tak jarang ibu bekerja minta tambah cuti dengan mengambil cuti di luar tanggungan selama beberapa bulan. Atau, mengundurkan diri dengan janji: begitu anak bisa ditinggal akan kembali bekerja.

Tidak sedikit ibu yang berhenti bekerja untuk bisa menemani anaknya hingga usia 5 tahun, karena paham masa lima tahun pertama otak anak seperti sebuah spons, menyerap segala sesuatu yang terdapat di lingkungannya.

Masa lima tahun pertama merupakan pondasi bagi perkembangan anak selanjutnya, yang sangat menentukan bagaimana ia di masa anak, remaja dan dewasa kelak, baik fisik, psikis termasuk di dalamnya kecerdasan, daya tangkap, pola berpikir, relasi sosial, kemampuan beradaptasi, daya juang dan sebagainya.

Tapi, ingat, Ma, ketika kembali dari cuti panjang, Anda perlu beradaptasi lagi dengan kondisi kantor. Boleh jadi posisi manajer yang Anda tinggalkan sudah diisi orang lain, sehingga Anda harus menjadi staf biasa kembali. Atau, bila pindah kerja, ada hal-hal baru, yang membutuhkan waktu sebelum merasa nyaman bekerja.

 

Follow Us

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia