Cara Cerdas Buat Resolusi Keuangan (Part I)

Tak terasa sudah sampai di penghujung tahun. Masih ingat resolusi Mama di awal 2015? Apakah semuanya dapat dijalankan sesuai rencana? Menjelang tahun baru, tak ada salahnya kita mulai membuat resolusi, terutama masalah finansial. Agar resolusi dapat terlaksana, buatlah secara detail dan tidak mengawang-awang. Jika perlu, buatlah perencanaan setiap bulan supaya Mama tetap bersemangat menjalankannya.

1. Buat budget keuangan keluarga
Setiap keluarga harus memiliki budget untuk memastikan kondisi keuangan mereka tetap stabil. Tulis semua pemasukan tetap, kemungkinan pemasukan tambahan, pengeluaran rutin, dan pengeluaran besar seperti uang pangkal sekolah anak, dana berlibur, dan sebagainya.

2. Ketatkan pengeluaran
Langkah yang tampaknya sulit dilakukan. Mama bisa memulai dari hal-hal kecil, misalnya membawa bekal ke kantor dibanding membeli makan siang di luar, mengurangi jajan kopi dan
membuatnya sendiri, atau memasak makan malam istimewa untuk keluarga dibanding makan di mal saat akhir pekan.

3. Mulai lunasi utang
Bila Mama memiliki lebih dari satu kartu kredit, cobalah untuk mulai melunasi utang dan menutupnya satu per satu. Pilih satu saja kartu kredit yang paling menguntungkan Anda. Bayar tagihan tepat waktu dan prioritaskan dalam pengeluaran rutin Anda untuk mencicil utang.

4. Mari Menabung!
Mulai disiplin menyimpan sebagian penghasilan Anda. Di bulan April, mungkin akan ada tambahan tabungan, karena di bulan ini biasanya ada bonus tahunan dari perusahaan tempat Mama bekerja. Sisihkan 10 – 15 persen dari pendapatan Anda setiap bulan untuk ditabungkan.

5. Buat budget belanja liburan dan hari raya
Di bulan Mei, mulailah membuat perencanaan belanja agar Mama tak tergoda menggunakan kartu kredit untuk membeli keperluan Idul Fitri atau tiket untuk mudik. Jika Anda sudah membuat budget sejak awal, maka semua kebutuhan tersebut dapat dicicil.

 

Follow Us

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia