Nikmati 6 Manfaat Sehat Ini dengan Berhubungan Seks Rutin



Mungkin ada yang berpendapat bahwa seks bukanlah hal utama dalam pernikahan, setelah masa bulan madu usai, karena ada hal-hal lain yang lebih penting dibandingkan seks.

Tidak salah juga!

Tapi patut diingat bahwa seks tetaplah merupakan sesuatu yang sangat penting dalam pernikahan.

Seks merupakan hal yang eksklusif milik Anda dan pasangan, karena itu adalah satu-satunya hal istimewa yang Anda lakukan dengan pasangan Anda dan tidak Anda lakukan dengan orang lain.

Hubungan sekslah yang membuat Anda dan Papa menyandang status sebagai pasangan. Tanpa seks, Anda dan Papa hanya akan jadi sekadar teman sekamar.

Dan ternyata, dilansir dari www.healthline.com, para peneliti dari American Sexual Health Association mengungkapkan bahwa seks juga bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi, lho, Ma!

Apa lagi manfaat yang bisa Anda dan Papa nikmati lewat berhubungan intim?

1. Merangsang ikatan batin antar pasangan agar semakin bahagia. Bercinta akan mendorong pelepasan hormon oksitosin, yang menurut para peneliti, dapat meningkatkan ketertarikan pria pada pasangannya. Berdasarkan sebuah penelitian, diketahui oksitosin berpengaruh membangkitkan rasa menghargai dan senang saat pria melihat pasangannya, sehingga rasa cinta terhadap pasangan semakin meningkat.

2. Meningkatkan sistem imun. American Sexual Health Association menyarankan agar tiap pasangan yang telah menikah rutin melakukan hubungan seksual minimal satu hingga dua kali seminggu guna meningkatkan kadar imunoglobulin A (IgA) yang berperan dalam mencegah penyakit seksual yang diakibatkan oleh virus human papillomavirus (HPV).

3. Memperbaiki kualitas tidur. Jika Anda kerap kesulitan tidur di malam hari, bisa jadi itu karena Anda memang kurang intens berhubungan seksual dengan pasangan. Berhubungan seks secara rutin dapat membuat Anda lebih nyenyak dan rileks saat tidur di malam hari, akibat hormon oksitosin yang dilepaskan, yang sekaligus berperan sebagai ‘obat penenang’ alami bagi tubuh.

4. Meringankan sakit kepala. Lagi-lagi Anda harus berterima kasih kepada hormon oksitosin. Sebab, hormon oksitosin yang dilepaskan di dalam tubuh saat berhubungan seks ternyata juga dapat meringankan migrain dan sakit kepala.

5. Mengurangi stres dan kecemasan. Aktivitas seksual dengan pasangan ternyata dapat memberikan manfaat psikologis dan emosional yang penting bagi tubuh. Seperti layaknya berolahraga, seks bisa membantu mengurangi stres dan kecemasan, sekaligus dapat meningkatkan kebahagiaan.

6. Melatih ingatan menjadi lebih tajam, menurut American Sexual Health Association, orang dewasa yang rutin berhubungan seks memiliki ingatan yang lebih baik pada usia 50 tahun ke atas. (Aprilia Safitri Ramdhani)

Baca juga: Seks Tetap Seru, Meski Sudah Punya Anak

Foto 123RF

 

Edisi Terbaru

Aku Indonesia

Follow Us

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia