Kandungan Nutrisi Flaxseed

Flaxseed adalah sejenis makanan yang berbentuk biji-bijian. Sepintas, flaxseed mirip sekali dengan biji bunga matahari, warnanya merah kecokelatan, namun ukurannya lebih kecil. Flaxseed banyak dijumpai di Amerika dan Kanada. Apa, sih, kelebihannya?

Tinggi asam lemak omega-3

Satu sendok makan flaxseed mengandung sekitar 1,8 gram asam lemak omega-3. Asam lemak omega-3 pada flaxseed memang lebih banyak ketimbang dalam ikan salmon. Dalam 150 gram ikan salmon, misalnya, terdapat 0,7 gram asam lemak omega-3. Nah, asam lemak omega-3 yang terdapat dalam flaxseed berfungsi mencegah terjadinya pembekuan darah dalam jantung dan menurunkan kolesterol jahat dalam darah.


Banyak mengandung serat

Flaxseed mengandung serat, baik serat yang larut air maupun serat yang tidak larut air. Nah, serat dalam flaxseed mempunyai manfaat mengendalikan gula darah, dibantu komponen lain dalam flaxseed, yaitu lignan atau hormon phytoestrogen dan asam lemak omega-3.


Enak dicampur sereal

Untuk anak-anak (terutama bayi!), Anda bisa menumbuk biji ini lebih dulu hingga halus. Setelah itu, baru dicampurkan dalam sereal, oatmeal atau bubur susu anak. 


Simpan dalam freezer

Tempat terbaik untuk menyimpan flaxseed adalah memasukkannya dalam freezer atau lemari es. Caranya? Masukkan flaxseed dalam plastik, lalu baru simpan dalam lemari es. Sementara itu, freezer akan menjaga flaxseed dari oksidasi dan potensi kehilangan nutrisinya.


 

Edisi Terbaru

Family Holiday

Follow Us

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia