Mandi Detoks Dengan Garam Epsom


 

Epsom salt atau garam epsom merupakan jenis senyawa mineral alami yang mengandung magnesium sulfat, sehingga dikenal juga sebagai magnesium sulfat. Garam yang namanya diambil dari sebuah mata air garam pahit di Epsom di Surrey, Inggris, ini mengandung 99,6% mineral magnesium sulfat, sementara garam biasa mengandung mineral natrium klorida.
 
Garam epsom biasanya tidak digunakan sebagai bumbu dapur, namun sering digunakan di dunia kedokteran, kecantikan, dan pertanian. Garam ini juga banyak dijual di apotek, supermarket, dan online shop.
 
Mengutip dari seasalt.com, magnesium memainkan sejumlah peran penting dalam tubuh, termasuk mengatur aktivitas lebih dari 325 enzim. Selain itu magnesium juga mampu mengurangi peradangan, membantu fungsi otot dan saraf, serta mencegah pengerasan arteri. Sementara, sulfat berfungsi meningkatkan penyerapan nutrisi, membersihkan racun, dan membantu meringankan sakit kepala.
 
Manfaat Mandi Detoks dengan Garam Epsom

1. Meningkatkan Imun: Dengan melakukan detoks, maka racun di dalam tubuh akan dikeluarkan. Sehingga, sistem imun akan meningkat.

2. Memperbaiki Kualitas Tidur: Garam epsom memiliki manfaat memberikan efek rileksasi atau menenangkan. Dengan berendam air hangat dan garam epsom sebelum tidur, Anda akan mampu tidur lebih nyenyak semalaman.

3. Mencegah Stres: Kandungan magnesiumnya mampu membantu mengatur sistem saraf dan mencegah stres, kecemasan, serta kegelisahan.

4. Melawan Pilek: Bila Anda menunjukkan gejala flu, cobalah mandi detoks menggunakan garam epsom. Garam ini dapat membantu menetralisir virus yang bersarang di tubuh. Selain itu, berendam air hangat dengan taburan garam epsom juga mampu membantu melegakan masalah pernapasan Anda.

5. Meningkatkan Fokus dan Aktivitas Otak: Penelitian dari University of Marryland Medical Center, AS, menunjukkan bahwa magnesium dapat membantu meningkatkan fokus serta mengatur fungsi otak agar berjalan maksimal.

 
Dr. Frank Lipman yang juga adalah dokter langganan selebriti Hollywood, juga mengatakan bahwa kandungan magnesium serta mineral lainnya dan nutrisi garam yang diserap ke dalam kulit Anda selama mandi dapat membantu proses detoksifikasi.



 
 

Cara Mandi Detoks

  • Isi bak mandi dengan air hangat. Rendam tubuh degan campuran garam epsom selama 20 menit.Ketika suhu air mendingin, tubuh akan mengeluarkan keringat atau racun dari lapisan kulit.

  • Untuk menambah efek rileks, tambahkan 4 tetes essential oil beraroma lavender.

  • Bila Anda mengalami pilek atau flu, Anda bisa mencampurkan air garam dengan 4 tetes essential oil kayu putih.

  • Untuk immune booster, Anda bisa menambahkan 4 tetes essential oil thieves.  

Lakukan ini setidaknya seminggu sekali.
 
Setelah Mandi Detoks
Hal yang penting dilakukan setelah mandi detoks adalah mengaplikasikan losion atau krim agar kulit tidak kering. Jangan lupa banyak mengonsumsi air putih untuk mengisi kembali cairan yang telah hilang.
 
 
Baca juga:
Ketahui Ini Sebelum Mandi Berendam Air Hangat Saat Hamil
Mari Kita Detoks Dapur!
Ajarkan Anak Mandi Sendiri
Aman Memandikan Bayi
Agar Mandi Jadi Menyenangkan
 
 

(LELA LATIFA)
FOTO: PIXABAY, FREEPIK

 
 
 

 

 

 

Follow Us

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia