Menikmati Me Time Tanpa Rasa Bersalah


Dok. 123rf

Rasa bersalah mungkin sering menghantui Mama saat menghabiskan waktu untuk diri sendiri. Tanggung jawab mengurus rumah, anak dan kebutuhan suami pun sering kali menghalangi me time, Padahal me time penting untuk dilakukan karena baik untuk kesehatan dan kesejahteraan kita. Semakin kita mengisi diri, semakin banyak yang harus kita berikan. Dan sebagai ibu, Anda harus memberi banyak.

Me time bisa dilakukan dengan cara menghabiskan waktu sendiri dengan menonton film kesukaan ataupun memanjakan diri dengan pergi ke salon, bahkan bisa untuk menambah wawasan dengan membaca buku yang bermanfaat, banyak waktu me time.

Me time tidak harus sendiri bisa bersama teman ataupun pasangan. Dilansir dari parents.com menuliskan bila ibu melakukan me time tidak perlu merasa bersalah, karena bila seorang ibu merasa bahagia maka akan berdampak positif bagi keluarganya.

Lakukan hal yang Anda sukai
Tidak ada satu definisi tentang apa yang merupakan perawatan diri yang sehat - ini bisa menjadi makan siang anak perempuan sebulan sekali, berolah raga di gym dua kali seminggu, atau mengikuti tes kesehatan yang dilakukan secara rutin.

Para ahli menyarankan untuk menemukan kombinasi aktivitas apa pun yang membuat Anda merasa seimbang, bahagia, dan terpenuhi. Dan jangan lupakan kehidupan sosial Anda serta penting untuk Anda merawat diri. Kalau Anda memerlukan waktu untuk berkumpul dengan teman Anda, jadikan itu kegiatan rutin.

Sebagian besar hal yang baik untuk Anda bagus juga untuk anak-anak. Memiliki ibu yang lebih bahagia dan sabar baik untuk semua orang. Dengan begitu,  Anda menunjukkan kepada anak-anak Anda bahwa sukacita dan kesenangan adalah bagian penting dalam kehidupan.

Atur waktu untuk hal yang Anda senangi
Merencanakan me time dengan sendiri ataupun dengan teman atau suami memang bukan ide yang buruk. Anda harus sering melakukannya dan konsisten. membuat rencana dengan orang lain-entah teman, pelatih pribadi, suami Anda-dapat membantu Anda mengingatnya, karena Anda cenderung tidak mundur jika seseorang bergantung pada Anda.

Ini juga membantu jika Anda merencanakan ke depan dan menandai waktu di kalender Anda, seperti pada saat Anda ada janji dengan dokter.

Meminta pertolongan pada sekitar
Untuk membuat Anda merasa aman saat pergi untuk me time, mintalah dukungan dari pasangan atau pengasuh Anda untuk mengambil alih saat Anda tidak berada di sana. Dan jangan merasa sungkan ataupun meminta maaf untuk me time. (Debora Darmawan)

Baca juga: 
Inilah 4 Keuntungan Me Time yang Dirasakan Mama
 

 

Edisi Terbaru

Aku Indonesia

Follow Us

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia