Sukses Jamuan di Rumah

Saat akan menjadi nyonya rumah untuk acara keluarga, hal utama yang menyita perhatian, tenaga, waktu, dan dana pastilah menu makanan. Supaya tidak terlalu direpotkan, Mama bisa mempraktekkan cara ini:
 
  1. Pilih menu sederhana. Meski Mama jago masak, memasak tetap akan menghabiskan waktu dan tenaga, apalagi kalau dalam jumlah banyak. Daripada masih sibuk di dapur sementara tamu mulai ramai, pilih teknik masak yang tidak sulit.
  2. Susun menu hidangan. Tidak perlu menyajikan menu banyak, asal selaras pasti akan lezat. Contohnya tema Chinese food dengan cap cay, ayam goreng mentega, pu yung hai dan mi goreng. Menu Indonesia dengan soto daging, ayam goreng serai, sambal terasi, pepes jamur. Atau pesan one dish meal seperti bakso kuah dan bakwan malang.
  3. Manfaatkan bahan serbaguna. Trik ini akan memangkas waktu karena daftar lebih pendek serta berhemat. Misalnya, gunakan daging ayam dalam 2 menu untuk lauk dan sup.
  4. Mencuri start. Persiapkan sehari sebelumnya bumbu atau bahan makanan yang akan diproses. Cincang, haluskan atau potong lalu simpan dalam kulkas. Ungkepan bisa dimasak semalam sebelumnya. Dengan begitu, waktu memasak lebih singkat.
  5. Maksimalkan peranti saji. Alasi daun pisang untuk menghemat peranti saji. Gunakan alat saji sekali pakai untuk minuman dan dessert. Pinggan tahan panas bisa digunakan untuk memanggang sekaligus peranti saji untuk di meja makan.
  6. Hidangan pencuci mulut praktis. Dessert table bisa membuat tamu bahagia. Es buah, puding, es krim, buah potong atau no-baked dessert seperti trifle, semifreddo, tiramisu. Atau, pilih resep dengan bahan utama berupa bahan siap pakai seperti ladyfinger, chiffon cake, biskuit, atau cake.

 

Edisi Terbaru

Aku Indonesia

Follow Us

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia