Tantangan Jadi Atasan di Kantor Baru


Naik jabatan di tempat lama, mungkin lebih cepat penyesuaiannya. Di tempat baru, harus menghadapi tim baru, baik itu atasan maupun bawahan, tentu akan berbeda. Menghadapi karakter bawahan yang belum terduga, atau yang terang-terangan menunjukkan ketidaksukaan, dan tidak mau menerima instruksi Anda adalah beberapa hal yang mungkin saya terjadi. Bagaimana cara mengatasinya? Coba terapkan cara berikut, seperti yang dilansir dari Femina.co.id.

Menurut konsultan karier, Emilia Jakob, tantangan baru sebaiknya dihadapi dengan semangat baru. Sebenarnya, naik jabatan, baik di kantor lama maupun baru, sama-sama memiliki tantangan. Di tempat baru, tantangannya adalah Anda belum mengenal karakter masing-masing orang maupun budaya di perusahaan baru. Jadi, Anda sebaiknya mencairkan terlebih dahulu hubungan Anda dengan rekan-rekan baru.

Seperti biasa, ketika Anda memasuki sebuah kelompok yang kelihatannya solid, Anda sebagai orang baru lah yang perlu berinisiatif membuka diri dan menjalin hubungan dengan orang-orang lama. Sementara, mereka yang orang-orang lama akan cenderung menunggu dan menilai apakah si orang baru ini pantas atau tidak menjadi bagian dari mereka.

Baca juga: Bos Perempuan VS Bos Laki-laki

Cobalah kenali dan dekati tim baru Anda, perhatikan cara orang-orang berperilaku dan berinteraksi satu sama lain, cari tahu kebiasaan maupun peraturan tidak tertulis yang berlaku di perusahaan baru. Lakukan ini dengan santai, jadilah diri Anda sendiri. Bila Anda sudah diterima di perusahaan tersebut, pasti Anda memiliki kualitas untuk memajukan perusahaan. Buktikan kompetensi dan kualitas Anda, tidak dengan kata-kata semata, namun juga dengan perbuatan.

Akan sulit bila Anda memulai dengan persepsi bahwa rekan-rekan baru Anda adalah orang yang sinis, tidak suka dengan kehadiran Anda, dan enggan diperintah. Buka lembaran baru dengan pikiran positif bahwa rekan-rekan itu hanya belum mengenal diri Anda yang sesungguhnya. Lalu, tunjukkan kepada mereka kualitas positif dan terbaik dari Anda.

foto: Pixabay

 

Edisi Terbaru

Aku Indonesia

Follow Us

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia