3 Cara Memudahkan Persalinan

Melahirkan bukanlah suatu hal yang mudah dan melibatkan rasa sakit namun ada tiga cara yang dapat memudahkan Anda ketika melahirkan meskipun cara-cara tersebut tidak secara langsung menghilangkan seluruh rasa sakit saat melahirkan namun mampu membuat kelahiran anak lebih lancar.

1.Hypnobirthing
Teknik ini digunakan untuk mengurangi rasa kecemasan Mama saat melahirkan sehingga Anda bisa fokus pada kontraksi dan proses kelahiran. Hypnobirthing merupakan teknik melahirkan yang terdiri atas relaksasi dan self-hypnotizing.

2.Water Birth
Air yang digunakan saat melahirkan dapat membantu Mama untuk relaks. Tetapi terdapat kontroversi mengenai water birth karena meski melahirkan dengan cara ini dapat dinyatakan aman, namun anak yang lahir dibawah air dapat memiliki  gangguan kesehatan seperti gangguan pernapasan maupun infeksi, namun Ibu-ibu yang telah melakukan water birth menyatakan bahwa tidak terdapat masalah pada anak-anaknya.

3.Menggunakan obat penghilang rasa sakit ( Epidural)
Epidural mampu menghilangkan rasa sakit pada Mama, namun tidak dapat menghilangkan rasa kecemasan yang muncul. Tanpa merasakan rasa sakit pada saat melahirkan, Mama terkadang merasa bingung kapan harus mengejan  dan tidak memiliki kontrol saat masa persalinan.

Ketiga cara untuk memudahkan kelahiran anak merupakan cara berbeda-beda, dan perlu diingat ya, bahwa tidak semua cara akan cocok untuk Anda. Semua ini tergantung kebutuhan Mama sendiri saat melahirkan dan apa yang dianggap penting dan baik pada masa persalinan bagi Anda.

 

Follow Us

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia