6 Gejala Ini Bisa Jadi Tanda Keguguran

Keguguran berarti berhentinya kehamilan pada minggu ke-20 atau sebelumnya. Tidak sedikit mama yang merasakan kejanggalan saat hamil mengandalkan 'Dr. Google' dan mulai membayangkan hal terburuk.

Mungkin Anda akan melakukan hal sama. Namun perlu diingat bahwa setelah mengalami gejala keguguran, banyak kehamilan yang tetap bertahan dengan baik. Sebelum mama panik dan langsung ke rumah sakit, buatlah daftar pertanyaan dan hubungi dokter Anda untuk pemeriksaan menyeluruh karena hanya dokter kandungan (yang asli, bukan di internet) yang bisa memastikan apakah keguguran benar terjadi.  

Berikut beberapa pertanda awal keguguran yang perlu Anda perhatikan :

1. Pendarahan. Dapat berupa bercak-bercak saja hingga darah berwarna merah segar yang mengalir. Tapi, keluarnya bercak darah bukan berarti tanda keguguran. Banyak juga mama yang mengalami pendarahan di awal kehamilan tidak mengalami risiko ini.

2. Kram. Rasa kram di perut bagian bawah dapat berarti peregangan otot ligamen namun juga pertanda awal keguguran. Periksa ke dokter, terutama jika kram terjadi hanya di satu sisi dan rasanya lebih sakit dari menstruasi. Apalagi jika dibarengi dengan pendarahan.

3. Sakit Punggung. Saat kram perut Anda bisa juga merasakan sakit punggung. Hati-hati terutama jika terdapat pendarahan di saat bersamaan.

4. Keluar cairan dari vagina. Hal ini dapat berupa gumpalan darah atau cairan yang tidak biasa. Terkadang Anda mengira celana basah karena mengompol, namun yang Anda dapati bukanlah urin. Cairan yang keluar juga bisa berbau dan menyebabkan iritasi/rasa gatal. Jika yang keluar terlihat seperti jaringan janin, berwarna keabuan atau mengandung gumpalan darah, cobalah untuk menyimpannya dalam wadah untuk diperiksa dokter kandungan Anda.

5. Kehilangan gejala hamil. Setelah beberapa minggu mengalami mual, tiba-tiba anda merasa baik-baik saja. Hal ini berarti telah terjadi keseimbangan hormon. Jika Anda mengalami hal ini bersamaan dengan gejala lain, bisa berarti pertanda keguguran.

6. Hasil testpack berubah. Beberapa waktu lalu hasil tes hamil di rumah menunjukkan hasil positif. Namun hari ini ketika Anda melakukan tes dengan alat sama, hasilnya minus. Segera cek ke dokter Anda. (Fina Khairaty/foto:dok.feminagroup)

 

Edisi Terbaru

Aku Indonesia

Follow Us

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia