Atasi Mual dan Cegah Dehidrasi, Minuman Segar Ini Cocok Buat Ibu Hamil



Di masa kehamilan, Anda perlu mengonsumsi minuman yang memiliki khasiat spesial agar metabolisme tubuh lancar, mencegah dehidrasi, dan menyehatkan. 

Trimester 1
Biasanya selera makan Anda di minggu-minggu awal kehamilan mengalami penurunan. Hal ini disebabkan oleh meningkatnya hormon b-hcg dan progesteron. Kondisi hormon ini memengaruhi pencernaan, sehingga menimbulkan rasa mual. Anda juga jadi sensitif terhadap bau tertentu yang menyebabkan ingin muntah. Cobalah untuk minum ini:
  • Smoothies pisang-stroberi
  • Es rumput laut
  • Jahe hangat sorbet mangga
Yang Anda Perlukan
Minuman yang mengandung vitamin B6, vitamin C, dan asam folat untuk mengurangi rasa mual, selain minuman yang sifatnya asam. Tetapi, Anda perlu hatihati dengan minuman yang terlalu asam, karena ini dapat menyebabkan asam lambung naik. Sebaiknya hindari mengonsumsi tomat, karena garam mineral yang terkandung dalam tomat dapat merangsang aliran air liur. Biasanya, di kehamilan trimester pertama, produksi air liur mama cenderung berlebihan.

Baca juga:
Bolehkah Ibu Hamil Konsumsi Minuman Bersoda

Trimester 2
Selera makan Anda sudah kembali, bahkan mungkin mengalami lonjakan. Ada ‘tugas’ penting yang perlu Anda kerjakan, yaitu memenuhi kebutuhan cairan. Pada trimester 2,  janin butuh cairan lebih banyak, sekurangnya 8 gelas per hari, bahkan lebih, jika Anda bekerja di luar ruangan, sering terpapar matahari, melakukan banyak aktivitas (seperti berolahraga) atau berkeringat banyak. Cobalah untuk minum ini:
  • Es kelapa. Mineral yang terdapat dalam air kelapa antara lain kalium, kalsium, fosfor, zinc, natrium, dan magnesium. Sedangkan kandungan vitaminnya ada B3, B5, B6, dan vitamin C. 
  • Mocktail buah. Bisa jadi alternatif bagi Anda yang sebelum hamil menjadi penggemar cocktail.
  • Jus pir-apel-jeruk nipis. Dapat membantu mengatasi kadar asam yang berlebihan, yang berasal dari makanan berkalori tinggi.
  • Es kacang merah. Selain segar, kandungan kalsium dalam kacang merah dapat berguna untuk perkembangan tulang.
Yang Anda Perlukan
Minuman apa saja, asalkan kandungan gizinya jelas. 

Trimester 3
Tak sedikit mama yang sedang hamil mengalami penurunan nafsu makan, yang diakibatkan oleh perkembangan janin yang semakin besar, sehingga menyebabkan lambung terdorong ke atas. Namun, Anda perlu asupan gizi untuk energi sebagai persiapan persalinan. Tak hanya itu,di kehamilan trimester ini juga Anda akan kerap sulit tidur, mengalami konstipasi, dan nyeri lambung. Cobalah untuk minum ini:
  • Es buah leci. Mengonsumsinya pada sore atau malam hari dapat menambah cadangan energi untuk esok hari. 
  • Es mentimun. Dapat membantu mengatasi rasa nyeri punggung dan kram otot akibat lelah beban perut yang kian membesar. 
  • Smoothies ceri. Membuat Anda merasa relaks sehingga mampu meningkatkan kualitas tidur. 
  • Smoothies pepaya-jeruk. Mampu melancarkan sistem pencernaan. Pepaya juga mengandung kalsium.
Yang Anda Perlukan
Minuman yang menghasilkan energi tambahan, serta kaya serat untuk membantu BAB dan terhindar dari konstipasi.

Baca juga:
6 Pantangan Ibu Hamil


 

 

baca juga

Input Array does not match ?: SELECT `id`, `title`, `url`, `thumb`, `desc` FROM article WHERE (`keyword` LIKE '%Minuman segar untuk ibu hamil%' OR `keyword` LIKE '%ibu hamil%' OR `keyword` LIKE '%Es Kelapa untuk ibu hamil%' OR `keyword` LIKE '%Minuman apa saja yang baik dikonsumsi untuk ibu hamil'6904'%' OR `keyword` LIKE '%Manfaat minuman segar untuk kehamilan%' OR `keyword` LIKE '%Es rumput laut untuk ibu hamil%' OR `keyword` LIKE '%Minuman segar menghasilkan energi tambahan untuk kehamilan%') AND id!= Query error : You have an error in your SQL syntax; check the manual that corresponds to your MySQL server version for the right syntax to use near '6904'%' OR `keyword` LIKE '%Manfaat minuman segar untuk kehamilan%' OR `keyword`' at line 1