Benarkah Ibu Hamil yang Mengonsumsi Minyak Ikan akan Melahirkan Bayi Cerdas?



Bagi Anda yang sedang hamil dan rajin mengonsumsi suplemen minyak ikan, dengan harapan bisa mencerdaskan bayi kelak, sebaiknya membaca hasil penelitian ini.

Baru-baru ini, sebuah studi di Australia merekomendasikan bahwa ibu hamil ternyata tak butuh mengonsumsi suplemen minyak ikan di awal kehamilan,  jika dengan itu ia berharap bayinya kelak akan cerdas. Ini dikatakan setelah para ilmuwan dari South Australian Health and Medical Research Institute, Adelaide, membandingkan perempuan yang diberi 800mg suplemen yang mengandung DHA saat hamil, dengan perempuan yang diberi suplemen berupa plasebo atau obat kosong.

Baca juga: 15 Cara Ini Bikin Bayi Lebih Cerdas

Seperti dilansir Journal of the American Medical Association, hasilnya ditemukan tidak ada perkembangan kognitif, bahasa, dan motor pada usia 18 bulan setelah kelahiran. Dari hasil pemantauan selanjutnya, periset juga tidak menemukan adanya perkembangan intelegensi, bahasa di usia bayi 4 tahun dan 7 tahun.

Penulis pendamping dalam studi ini, Dr. Jacqueline Gould, menegaskan bahwa beberapa studi sebelumnya juga membuktikan, manfaat suplemen minyak ikan untuk kecerdasan otak janin hingga saat ini masih belum jelas.

Menurut Gould, sebaiknya ibu hamil mengonsumsi makanan makanan sehat seimbang setiap hari agar ibu dan janin tumbuh sehat, otak janin pun berkembang maksimal. (Ida Ahdiah)

Baca juga: 7 Makanan untuk Kecerdasan Otak Anak

 

Edisi Terbaru

Aku Indonesia

Follow Us

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia