Cegah Stretchmarks Di Kulit Dengan 5 Bahan Alami Ini



Menyaksikan tumbuh kembang si kecil di dalam perut tentu menjadi salah satu moment membahagiakan dalam hidup Anda. Degup jantung pertamanya, pose lucunya, hingga tendangan-tendangan kecil yg kadang membuat Anda geli adalah hal-hal yang pasti sangat Anda nikmati. Namun seiring bertambah besarnya janin, ada satu hal yang kadang luput dari perhatian dan membuat Anda kurang percaya diri pasca melahirkan nanti, itu adalah stretch marks!
 
Stretch marks terjadi karena adanya peregangan kulit yg drastis. Pada kondisi ini elastisitas kulit tak cukup menahan regangan yang terjadi dalam waktu singkat, akibatnya kulit akan dipaksa meregang dan akhirnya menimbukan guratan-guratan yang menyerupai luka parut.
 
Pada ibu hamil, bagian kulit yang rentan menjadi tempat munculnya strecth marks adalah bagian perut bawah, paha dan payudara. Agar strecth mark tidak menghantui Anda pasca melahirkan, ada beberapa langkah preventif yang dapat Anda lakukan di rumah dengan menggunakan 5 bahan alami ini:
 
1. Lotion 
 
Salah satu upaya untuk mencehag munculnya strect marks adalah menjaga kelembapan kulit. Anda bisa mengoleskan krim atau lotion untuk menghindarkan kulit dari kekeringan. Pilihlah krim atau lotion berbahan alami yang memang diformulasikan untuk ibu hamil seperti shea butter atau cocoa butter. Dua bahan alami ini memiliki lemak alami yang bisa mengembalikan kelembapan kulit seketika. 
 
Selain melembapkan kulit, penggunaan krim atau lotion ini dapat mengurangi rasa gatal yang mungkin timbul akibat kulit yang meregang. 
 
2. Aloe Vera
 
Khasiat alove vera atau lebih dulu populer dengan nama lidah buaya sudah tidak diragukan lagi untuk kecantikan kulit dan rambut. Dalam setiap batangnya aloe vera mengandung vitamin A, C, E dan zinc yang melimpah. Kandungan antioksidan dalam zinc inilah yang membantu kulit bertahan saat terjadi peregangan. 
 
Anda bisa mengoleskan daging aloe vera yang telah dihaluskan pada area kulit yang rentan menjadi tempat munculnya strecth marks. Diamkan selama 10-15 menit hingga mengering kemudian bilaslah dengan air. Jika tak ingin repot, Anda bisa  menggunakan berbagai jenis produk aloe vera siap pakai yang tersedia di pasaran. 
 
3. Vitamin C
 
Selain manfaatnya yang sudah teruji sebagai pencerah kulit, rupanya vitamin C juga bisa berfungsi sebagai pencegah kerusakan kulit akibat radikanl bebas. Ini karena vitamin C tinggi akan kandungan antioksidan. Dengan mengonsumsi buah dan sayur yang mengandung vitamin C, penyembuhan kulit yg terdapat luka parutnya akan jadi semakin cepat.
 
Konsumsi vitamin C yang tidak berasal dari bahan alami tidak dianjurkan saat Anda menjalani masa kehamilan, kecuali jenis dan dosisnya berada dibawah pengawasan dokter kandungan Anda! 
 
4. Minyak Kelapa
 
Selain berkhasiat untuk kesehatan kulit kepala dan rambut, apalagi manfaat minyak kelapa yang Anda ketahui? Ternyata minyak kelapa juga dapat digunakan sebagai bahan alami untuk mengeksfoliasi kulit lho! 
 
Minyak kelapa mengandung medium chain fatty acid yang berfungsi sebagai antibakterial dan antijamur alami. Kandungan asam lemak jenuh di dalamnya juga bisa membuat kulit terasa lebih lembut setelah diserap sempurna. Perlindungan ekstra juga bisa Anda dapatkan dari kandungan vitamin E  dalam minyak kelapa. Ini akan mencegah kulit dari pecah-pecah dan mengelupas akibat kekeringan. 
 
5. Minyak Jarak
 
Jenis minyak terakhir ini mungkin tidak sepopuler empat bahan alami sebelumnya, meski demikian kandungan minyak jarak sedikit bisa merangkum khasiat dan manfaat pelembab alami di atas. 
 
Minyak jarak mengandung  vitamin E,  mineral,  protein,  omega 6 dan 9, anti bakteri alami,  juga asam lemak. Selain itu ada asam risinoleat yang dapat meningkatkan fungsi penyerapan pada kulit sehingga manfaat minyak jarak ini dapat diterima lebih sempurna.  
 
Anda bisa menggunakan minyak jarak ini secara langsung dengan mengoleskannya pada kulit. Anda juga bisa sekaligus melakukan massage untuk merelaksasi bagian-bagian tubuh yang tegang.  Tunggu 5-10 menit hingga meresap.
 
 
Untuk upaya optimal, lakukan perawatan menggunakan bahan-bahan alami ini secara rutin ya Ma. Mencegah timbulnya strecth marks akan terasa lebih mudah dibanding menghilangkannya kan, Ma? (Wita Nurfitri)  


Foto: Pixabay


Baca juga:

Bye-Bye Masalah Kulit!
Kulit Bayi Senfitif? Ini Cara Menanganinya!
Kondisi Kulit Bayi Baru Lahir