Pertolongan untuk Persalinan Sebelum Waktunya

Kalau persalinan cepat atau sebelum waktunya sudah telanjur terjadi, dr. Boy Abidin Sp.OG (K) dari RS Mitra Keluarga Kelapa Gading menyarankan, pertolongan yang bisa diberikan kepada seorang mama yang mengalami persalinan cepat adalah:

  • Mengarahkannya, jangan sampai bayinya jatuh. Kalau sudah keluar kepalanya, ya dipegangi, dan lanjutkan prosesnya.
  • Mencari bantuan tenaga medis. Ketika bayi sudah lahir, terkadang plasenta belum langsung lepas. Segera minta tenaga medis untuk backup melahirkan plasenta, karena itu adalah titik rawannya. Mengapa? Begitu plasenta lahir, muncul risiko perdarahan, yang bisa mengancam keselamatan jiwa Mama.
  • Jika dalam kondisi menunggu kedatangan tenaga medis ternyata plasenta keluar secara spontan, harus dilakukan monitoring perdarahan.
  • Sebisa mungkin menciptakan kondisi steril atau sebersih mungkin. Misalnya, gunakan alas kain yang sudah dicuci dan diseterika, peralatan atau perlengkapan lain yang sudah dicuci dengan antiseptik, dll.
  • Kalau kondisinya sudah aman di rumah, Mama dan bayi segera ke klinik atau rumah sakit terdekat untuk dicek masalah robekan, kemungkinan plasenta masih tertinggal di dalam, dll. Yang pasti, banyak hal harus dicek ulang jika persalinan terjadi di luar faslitas kesehatan.
 
 

 

Follow Us

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia