Rawat Luka Bekas Caesar

Ada beberapa hal yang perlu mendapat perhatian ekstra paska persalinan dengan operasi Caesar, salah satunya adalah luka bekas operasi.

Pada beberapa mama, luka bekas operasi mungkin akan menimbulkan rasa nyeri, gatal dan tidak nyaman, atau bahkan membesar hingga mempengaruhi penampilan dan membatasi fungsi gerak.

Nah, dengan perawatan yang tepat, beberapa efek bekas luka yang tidak menyenangkan tersebut bisa diminimalkan, hingga akhirnya dibuat samar dan hampir tidak meninggalkan jejak.

Prof. Massimo Signorini, MD, PhD, ahli bedah plastik dari Niguarda Hospital Milan, Italia, dalam media briefing Dermatix Ultra, mengatakan bahwa penggunaan gel silikon telah terbukti efektif untuk menekan ptoses pembentukan kolagen yang menjadi salah satu faktor penyebab timbulnya bekas luka menonjol. Gel silikon juga mampu memberi perlindungan elastis pada kulit di sekitar bekas luka selama proses penyembuhan berlangsung.

Meski begitu, seperti ditegaskan oleh dr. Teddy O.H. Prasetyono, SpBP, dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, keberhasilan perawatan tetap ditentukan oleh beberapa faktor, seperti usia, faktor genetika, lokasi, infeksi, dan komplikasi luka. Tak perlu resah lagi dengan bekas luka Caesar, kan?

Edisi Terbaru

Happy Healthy Kids

Follow Us

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia