Vitamin Penting Bagi Ibu Hamil dan Menyusui

Gizi yang seimbang sangat penting selama kehamilan. Vitamin dan mineral ini juga penting bagi ibu menyusui.


1. Asam folat, mencegah cacat otak janin maupun susunan saraf. Sumber: serealia, kacang-kacangan, sayuran hijau gelap (bayam, kembang kol, brokoli), jamur, kuning telur, jeruk, pisang, wortel, tomat.


2. Zat besi, mencegah anemia (kurang darah). Sumber: sayuran hijau (seperti bayam, kangkung, daun singkong, daun pepaya), daging, hati, kuning telur.


3. Kalsium, untuk pertumbuhan tulang dan gigi janin, serta membantu mencegah ibu dari osteoporosis. Sumber: susu dan produk susu (keju, yoghurt), ikan yang bisa dimakan tulangnya (seperti ikan teri, sarden), produk kedelai (tempe, tahu), sayuran hijau.


4. Vitamin D, berguna untuk pertumbuhan dan pembentukan tulang bayi serta merangsang produksi susu ibu. Sumber: minyak hati ikan, kuning telur dan susu.


5. Magnesium, menekan meningkatnya tekanan darah. Sumber: ikan, kacang almond, bayam, alpukat, pisang, kismis, dan kacang mede.


Edisi Terbaru

School Success

Follow Us

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia