4 Rekomendasi Camping Mewah Buat Liburan

Istilah ‘glamping’ kini mulai akrab di telinga kita. Kependekan dari ‘glamorous camping’, ini adalah cara menikmati suatu perjalanan atau liburan di alam, tanpa meninggalkan fasilitas nyaman, bahkan mewah seperti di hotel berbintang. Artinya, Anda dan anak tak perlu repot membangun tenda sendiri, tidur bergelung di dalam sleeping bag, atau menyalakan api unggun untuk menghangatkan badan dan memasak.

Cek beberapa lokasi glamping berikut ini, yang layak dicoba untuk liburan akhir pekan bersama anak yang berlokasi di daerah Jawa Barat:

1. TANAKITA

Terletak di kaki gunung, berdekatan dengan Taman Nasional Gede Pangrango, udara sejuk akan menyambut Anda sesampainya di lahan perkemahan Tanakita. Anda akan diantar menuju jajaran tenda yang mengelilingi lapangan luas. Di dalam tenda sudah tersedia kasur dengan seprai bersih, bantal, dan kantung tidur. Di dalam tenda pun tersedia tempat sampah, rak sepatu, gantungan baju, juga listrik dan lampu. Toilet dan kamar mandi dilengkapi dengan air panas berada tak jauh dari perkemahan, dipisah antara pria dan wanita.

Biaya sudah termasuk tiga kali makan dan kudapan yang disajikan di area umum tempat semua pengunjung perkemahan berkumpul. Makan malam Anda di dekat api unggun akan diiringi pertunjukan musik akustik yang membawakan lagu-lagu rakyat. Setelah makan malam, Anda dan anak bisa mengikuti kegiatan trekking malam di sekitar perkemahan. Seru, kan!

Dan, sepulang trekking biasanya kudapan dan minuman tradisional seperti bandrek atau bajigur disajikan selama masih ada orang yang duduk-duduk di dekat api unggun sambil menikmati bintang di langit. Pada pagi atau siang hari, dengan biaya tambahan, ajak si kecil meniti tali dari pohon ke pohon, river tubing, mendayung kano di sungai, atau berjalan kaki ke air terjun Sawer. Menikmati indahnya pemandangan sambil menguji adrenalin.

Bagaimana ke sana?
Selain menggunakan kendaraan pribadi, minibus, dan angkot, Anda bisa mengajak si kecil naik kereta api dari stasiun Bogor ( jadwal: 07.55, 13.25, 18.30), turun di stasiun Cisaat, dilanjutkan dengan ojek ke Tanakita.

YANG PERLU DIBAWA:
Jaket, peralatan mandi, sandal/sepatu gunung, payung, jas hujan

www.tanakitacamp.com
Lokasi: Situgunung, Kadudampit, Cisaat, Sukabumi, Jawa Barat Reservasi: Jl. Lamandau IV No.17, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
Telepon: 021-7200469 Harga: Rp550.000/orang

2. LEGOK KONDANG LODGE

Ada 20 tenda yang bisa Anda pilih. Tenda-tendanya besar dan beralaskan lantai kayu. Kapasitasnya beragam, mulai 4, 6, 8, hingga 10 orang. Tipe standard, family, deluxe, luxury, dan suites tent. Semua tenda memiliki fasilitas yang hampir sama, yaitu tempat tidur lengkap dengan bantal dan selimut, kamar mandi dengan air hangat, api unggun, sarapan, serta kopi dan teh yang selalu tersedia sepanjang hari. Yang membedakan adalah saluran televisi dan pemandangannya.

Di sana banyak kegiatan yang bisa dilakukan bersama keluarga, duduk-duduk bersantai di pinggir kolam, memetik stroberi, menangkap ikan, bermain paintball, trekking, rafting menyusuri sungai. Dan, mumpung sudah sampai di sana, sekalian saja berkunjung ke tempat wisata Kawah Putih dengan mobil dan pemandu yang sudah disediakan. Untuk makan siang dan malam ada tambahan biaya. Pilihannya ala buffet atau barbeque (daging sapi, seafood, dan jagung bakar). Setelah makan malam, anak bisa menerbangkan lampion atau duduk-duduk di dekat api unggun, agar badan lebih hangat ketika udara makin dingin.

YANG PERLU DIBAWA:
Jaket, peralatan mandi, sandal atau sepatu gunung, kudapan, payung, jas hujan

www.legok-kondang.com
Lokasi: Jl. Kurunangan (Jalan Raya Ciwidey - Kawah Putih), Lebak Muncang, Ciwidey Jawa Barat Telepon: 0813 1817 9889
Harga: Rp1.050.000 – Rp3.200.000/malam. Kegiatan lain: Rp15.000 – Rp185.000/orang

3. Gunung Pancar

Berkemah di Gunung Pancar yang terletak di tengah-tengah hutan pinus. Di sana, ada beberapa lokasi yang bisa Anda pilih: dekat kolam renang, pemandian air panas, air terjun Kencana atau air terjun bidadari. Masing-masing memiliki sebuah bangunan permanen, berjaga-jaga bila tiba-tiba terjadi cuaca ekstrem.

Semua tenda sudah difasilitasi dengan dua kasur besar untuk empat orang. Bagian bawahnya dialasi terpal dan karpet. Kasur dengan seprai, bantal, selimut, meja kecil, listrik, dan penerangan. Sedangkan toilet dan kamar mandi tersedia di tempat terpisah.

Bila hendak membawa makanan sendiri, Anda bisa menyewa tenda tanpa konsumsi dan peralatan makan. Bisa juga pilih paket berkemah yang dilengkapi konsumsi dan peralatan makan. Dengan harga berbeda, Anda bisa memesan daging ayam atau ikan.

Alat pemanggang disediakan di depan tenda. Kalau Anda punya sepeda, bawa sekalian ke sana. Bersepeda cukup menyenangkan walaupun cukup melelahkan karena kontur tanahnya berbukit-bukit. Bisa juga ajak si kecil berjalan kaki ke air terjun atau menjelajah hutan pinus sambil melihat-lihat pemandangan.

YANG PERLU DIBAWA:
Jaket, Peralatan mandiSandal/sepatu gunung Kudapan Payung Jas hujan

www.gunungpancar.com
Lokasi: Taman Wisata Alam Gunung Pancar, kampung Ciburial, desa Karang Tengah, Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat
Telepon: 021-3665 949, 0812 1344 6514 Harga: Rp310.000 – Rp540.000/ orang (satu tenda untuk 4 orang).

4. TRIZARA RESORT

Seperti rumah-rumah panggung, tenda-tenda semi permanen didirikan di lereng bukit. Memiliki tempak tidur empuk, meja tulis, rak, dan kursi lipat. Kamar mandi menyatu di bagian belakang tenda. Walau ada fasilitas internet dan free wi-fi , jangan harap bisa menonton televisi, atau DVD. Ini saatnya menikmati liburan yang tenang, hanya mendengarkan suara alam, jauh dari keramaian.

Bangunlah pagi-pagi sekali dan ajak si kecil menyaksikan matahari merambat naik di balik pegunungan Lembang. Setelah itu, Anda bisa ikut yoga pagi hari. Bila ingin yang lebih ‘panas’ bisa juga mengikuti zumba di alam terbuka. Masih kurang menantang? Boleh coba lari pagi, di jalur yang sudah disediakan. Turun-naik lereng bukit sambil menikmati pemandangan dan puncak tertinggi di Lembang.

Kalau tak ingin berjalan jauh, si kecil bisa memilih permainan edukasi seperti scrabble, uno, monopoli, dan jenga. Selain itu, ada juga hula hoop, frisbee, layang-layang, dll. Tinggalkan si kecil bermain dengan papanya, Anda bisa menikmati sejenak pijat refleksi sambil duduk di teras tenda.

Piknik di alam terbuka? Beri tahu petugas waktu dan lokasi yang Anda pilih untuk makan siang. Peralatan dan piknik beserta makanannya akan disediakan untuk Anda sekeluarga. Makan malam tersedia di kafe teras, dengan menu serba panggang. Bila ingin suasana yang lebih privat, Anda bisa meminta di lokasi yang diinginkan. Daging, sayuran, dan bumbu-bumbu barbeque akan disiapkan. Dan, Anda bisa memanggang sesuka hati. Bagaimana kalau tengah malam masih lapar? Tak perlu khawatir, karena kafe teras buka 24 jam.

YANG PERLU DIBAWA:
Jaket, peralatan mandi, sandal/sepatu gunung, payung, jas hujan

www.trizara.com
Lokasi: Jl. Pasirwangi Wetan, Lembang, Bandung, Jawa Barat Telepon: (022) 8278 0085
Harga: Rp1.200.000 – Rp1.800.000/ tenda/malam

 

Follow Us

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia