Ajak Si Kecil Belajar Lewat Lagu

Tidak hanya soal lirik dan nada, lagu anak Indonesia ternyata punya banyak manfaat edukatif, lho, Ma. Beberapa judul lagu berikut dapat digunakan sebagai media pembelajaran jika ditempatkan dengan konteks tertentu.
 
Banyak studi sudah membuktikan kaitan antara musik dan perkembangan otak pada anak-anak. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Brain and Creativity Institute dari University of Southern California, AS, menemukan fakta bahwa mendengarkan musik sejak masa kanak-kanak akan membuat perkembangan otak terutama di bidang bahasa jauh lebih cepat.
 
Nah, berkaitan dengan manfaat tersebut, Anda bisa mengaplikasikannya pada keseharian si kecil. Gunakan musik terutama lagu anak-anak sebagai sarana edukasi untuk si kecil. Lagu anak Indonesia umumnya memiliki ketukan dan ritme yang berulang-ulang serta lirik yang mudah diingat.
 
Berikut ini adalah beberapa manfaat edukatif dari lagu anak Indonesia beserta contoh judulnya

1. Mengenalkan kosa kata baru padanya

Kosa kata si kecil bisa dilatih melalui menyanyikan lagu. Misal, menunjukkan anggota tubuhnya melalui lagu, Kepala, pundak, lutut, kaki. Dengan ketukan dan lirik yang berulang-ulang, si kecil akan mudah mengingat kosa kata dari anggota tubuhnya.
 
Selain itu, bisa juga untuk mengenalkan kosa kata benda yang ada di sekitarnya, misalkan dengan lagu Kring-kring Ada Sepeda, Saputangan, atau Layang-layang.

2. Mengenalkan konsep ruang

Melalui lagu Bintang Kecil dan Ambilkan Bulan, anak akan belajar tentang konsep ruang. Mama bisa menyanyikan lagu ini disertai gerakan. Si kecil akan mendengar dan melihatnya.
 
Lagu ini mengajarkan bahwa ada benda-benda yang berada di atas kita (langit). Dan itu menunjukkan bahwa si kecil berada di bawah. Begitu juga dengan lagu Tik Tik Bunyi Hujan. Menunjukkan bahwa hujan turun dari atas ke bawah.

3. Mengenalkan warna

Lagu Balonku dan Lihat Kebunku secara jelas mengajarkan ragam warna pada anak-anak. Agar lebih optimal, tunjukkanlah juga warna yang bisa ia lihat langsung saat mendengarkan lagu.

4. Mengenalkan konsep matematika

Beberapa lagu anak Indonesia mengajak anak-anak untuk mengenal angka dan hitung-hitungan, misalkan saja konsep penambahan dari lagu Satu ditambah Satu. Konsep pengurangan dapat dipelajari dari lagu Anak Ayam Berkotek dan Balonku ada lima.

5. Mengenalkan Emosi

Lagu Satu-satu dapat membuat si kecil memahami konsep kasih sayang. Ia dapat menghayati emosi yang ia miliki pada ibu, ayah, serta adik-kakak yang ia sayangi. Begitu juga dengan lagu Bunda Piara.

6. Mengenalkannya pada kebiasaan baik

Untuk mengajarkan kebiasaan baik pada anak, bisa juga menggunakan lagu. Misal, lagu Bangun Tidur, bisa Anda gunakan untuk mengingatkan tugas apa yang harus dilakukan oleh si kecil setelah bangun tidur. Jadi, alih-alih dengan kalimat perintah, menyanyikan sebuah lagu akan menjadi cara yang lebih menyenangkan kan, Ma?
 
 
 
(LELA LATIFA)
FOTO: PIXABAY

Baca juga:

Manfaat dari Lagu Anak-anak
Mengapa Kini Lagu Anak Makin Langka?
 

 

Follow Us

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia