Kakeibo - Teknik Mengatur Uang Dari Jepang


Kakeibo adalah teknik mengatur uang yang pada dasarnya mencatat setiap detail pengeluaran Anda. Teknik ini pertama kali diperkenalkan oleh seorang jurnalis Jepang, Hani Motoko tahun 1904, dan sudah banyak dipraktikkan para ibu zaman dulu—yang bertindak sebagai bendahara rumah tangga.

Kini menjadi populer lagi setelah sukses dirilisnya buku berjudul Kakeibo: The Japanese Art of Saving Money yang ditulis oleh penulis Jepang, Fumiko Chiba. Buku ini membahas soal kakeibo dalam bahasa Inggris dan banyak di-share di Instagram dengan hashtag #kakeibo.

Teknik Kakeibo cukup sederhana, yaitu setiap awal bulan atau saat Anda baru gajian, Anda merencanakan uang yang akan Anda habiskan sebulan ke depan. Bagi rencana pengeluaran Anda dalam 4 kategori:

1.    Pengeluaran Primer
Pengeluaran dasar yang wajib Anda lakukan. Jika tidak terpenuhi dapat mengganggu aktivitas harian (transpor, makan, listrik, cicilan rumah, dll)
2.    Pengeluaran Sekunder
Pengeluaran yang sifatnya tidak wajib dipenuhi dan biasanya berupa pilihan dan dapat ditunda kapan saja (pakaian, ponsel, hangout, dll)
3.    Kultur
Pengeluaran yang bersifat fun, yang dilakukan untuk menambah wawasan (membeli buku, nonton film, konser, dll)
4.    Pengeluaran Ekstra
Pengeluaran tambahan yang sifatnya mendadak atau tak terduga (obat-obatan, ke bengkel, dll)

Jika perlu, siapkan uang tunai dan bagi uang tersebut dalam amplop berbeda untuk setiap kategori. Lalu catat setiap detail pengeluaran Anda setiap hari dalam sebuah buku. Di akhir bulan, hitung pengeluaran Anda. Lihat pos mana yang berhasil Anda hemat, pos yang ternyata mengeluarkan uang lebih dari yang Anda anggarkan, hal tak berguna apa yang Anda beli, dan buat perencanaan yang lebih matang pada bulan mendatang.

Jika waktu sebulan terlalu lama untuk menganalisa, Anda bisa melakukan review setiap akhir pekan sehingga Anda bisa mengarahkan pengeluaran dengan benar.
 
 
(YENNY GLENNY)
FOTO: DOK. PIXABAY

 

Follow Us

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia