Lakukan Ini Agar Anak Sehat dan Senang Selama Perjalanan Mudik



Demi berkumpul bersama keluarga di hari raya, tentunya mudik menjadi kegiatan yang tak boleh terlewatkan. Bahkan mudik sudah menjadi tradisi bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Setiap tahunnya jutaan orang rela menempuh jarak ratusan kilo meter menembus kemacetan arus mudik demi sampai di kampung halaman yang dirindukan.

Bertemu orang tua dan bersilaturahmi dengan  sanak saudara menjadi obat tersendiri, terutama bagi Mama Papa yang jarang berkumpul bersama keluarga besar.

Namun jarak tempuh yang tidak sebentar terkadang  membuat Anda berpkir dua kali untuk mudik, terutama jika harus membawa anak. Jika bagi orang dewasa saja mudik terasa sangat melelahkan, bagaimana dengan si kecil?

Dokter Spesialis Gizi Klinik, Dian Permatasari, M.Gizi, SpGK menjelaskan bahwa ada beberapa persiapan yang harus dilakukan orang tua sebelum mengajak anak untuk mudik."Sebelum melakukan perjalanan jauh Mama harus memastikan kondisi kesehatan Mama dan anak. Ini penting karena Mama harus menyediakan waktu dan tenaga mendampingi anak selama perjalanan.”

Jika perjalanan mudik dilakukan dengan menggunakan kendaraan pribadi, maka dr. Dian menyarankan Mama dan keluarga berhenti sejenak untuk istirahat dan pilihlah tempat nyaman.

Jangan Abaikan Jadwal Makan Anak di Perjalanan Mudik
Hal lain yang perlu diperhatikan selama mudik adalah perubahan jadwal makan serta terbatasnya jenis makanan yang dapat dkonsumsi anak selama perjalanan.

“Selain menyiapkan bekal makanan, Mama juga bisa mencari asupan nutrisi tambahan melalui makanan yang disediakan di rest area, selama itu sehat dan mendukung pemenuhan nutrisi Mama maupun anak. Kurangnya asupan nutrisi selama perjalanan jauh dapat menyebabkan beberapa perubahan di dalam tubuh anak yang menimbulkan kondisi tidak nyaman seperti lemas dan pusing yang akan membuatnya rewel.” Tutur dr.Dian.

Psikolog Anak dan Keluarga, Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Psi., Psi., juga menyampaikan, “Orang tua dapat memanfaatkan perjalanan mudik yang cukup jauh sebagai momen yang tepat untuk saling berinteraksi dengan anak dan mengenalkannya pada lingkungan yang jarang ditemuinya.

Melalui momen lebaran, orang tua juga dapat membangun dan mengembangkan keterampilan sosial anak sejak dini karena mereka dapat berinteraksi dengan banyak orang”.

Lebih lanjut,  Anna menuturkan apa saja perlu Mama persiapkan agar anak mampu berinteraksi sosial dengan baik saat mudik.

Hal pertama yang dilakukan sudah dimulai saat sebelum hari keberangkatan, ceritakan tentang keluarga di tempat tujuan dan perlihatkanlah foto orang-orang yang Anda ceritakan. Lalu latihlah anak untuk bersilaturahmi, agar ia tidak bingung apa yang harus dilakukanya. Bawakan juga anak beberapa mainan untuk dimainkan besama dengan saudara-saudaranya.

Selanjutnya ketika dalam perjalanan, ingatkan anak akan bertemu siapa saja agar semangatnya tetap terjaga. Lalu, usahakanlah perjalanan cukup nyaman untuk dilalui

anak. Saat sampai di kampung halaman, boleh Anda membujuk anak bersalaman, namun jangan paksa jika tidak mau. Berikan alternatif seperti tos, berpelukan, mengelus rambut atau punggung anak dan jika ia tidak kabur atau menangis penting bagi Anda untuk memberinya apresiasi.

8 Ketrampilan Sosial Didapat Anak dari Kebiasaan Mudik
Menurut Anna, ada 8 keterampilan sosial yang harus dimiliki anak dan ini dapat diperolehnya dari perjalanan mudik, yaitu berteman dan bekerja, berkompetisi sehat, sabar menunggu, sopan santun, menyelesaikan atau mendamaikan pertengkaran, marah tanpa mengganggu orang lain, mengikuti aturan yang berlaku dan peduli terhadap yang sakit. Oleh karena itu sangat penting membuat perjalanan mudik terasa nyaman.

Jika anak mulai rewel dan tidak betah di dalam kendaraan, beristirahatlah dan ajak anak bermain sejenak. Karena membawa mainan-mainan kesukaannya akan sangat merepotkan, maka yang perlu Mama lakukan adalah menciptakan permainan yang dapat mencuri perhatian anak. Seperti menghitung mobil berwarna merah, menyebutkan nama hewan dari abjad tetentu, atau mengajaknya bernyanyi.

Tidak hanya asyik berkumpul bersama keluarga. Ternyata banyak manfaat yang didapatkan dari mengajak anak mudik ke kampung halaman. Asal persiapannya sudah matang, kegiatan ini akan terasa menyenangkan! (Wita Nurfitri)

Baca juga:
Anak Nyaman Mudik Naik Pesawat

 

 

Edisi Terbaru

Aku Indonesia

Follow Us

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia