Masak Bareng Ayah, Seru!

Cuaca di luar panas sekali. Yuk, ajak Si Kecil mengisi hari libur dengan memasak makanan kesukaannya!
 
Inginnya sih, liburan ini ajak anak berkegiatan di luar rumah. Tapi, cuaca sedang panas sekali. Hmm, kalau bermain di dalam rumah, enaknya melakukan apa, ya? Bagaimana kalau memasak saja? Pasti seru!
 
Berikut ini beberapa hal yang perlu disiapkan dan perhatikan saat memasak bersama anak.
 

MAU MASAK APA?

Tanyakan kepada anak, apa yang ingin ia makan. Arahkan anak pada menu sederhana yang tidak membutuhkan usaha tinggi dalam pengupayaan bahan dan pengolahan.
 

SIAPKAN BAHAN

Buat daftar bahan-bahan yang dibutuhkan. Cek isi kulkas, apakah bahan-bahan tersebut tersedia di rumah. Jika tidak, ajak anak belanja ke minimarket terdekat. Biarkan ia berkeliling mencari bahannya, meletakkannya ke dalam keranjang, dan ikut mengantre saat akan membayar. Ini melatih anak mengenal bahan makanan, kemandirian, dan peraturan dasar mengenai mengantre.
 

JANGAN LUPA ALAT!

Buat juga daftar alat yang akan digunakan, lalu ajak anak mencarinya di dapur. Untuk alat-alat berat dan tajam (misalnya pisau, mixer, atau penggorengan), sebaiknya ayah saja yang menyiapkan. Ganti peralatan makan atau tempat kue yang mudah pecah dengan yang berbahan plastik.
 

TOPI KOKI

Buat topi koki dari kertas dan pakaikan di kepala anak. Si Kecil pasti akan lebih bersemangat.
Saatnya mengolah
Di tahapan ini, pastinya ayah yang lebih banyak berperan (seperti memanggang, menggoreng, atau memotong). Agar anak tidak bosan, berikan ia tugas yang mudah dan aman, seperti mengadon bahan dan mencetak kue, mencuci sayur, menata meja (jika tinggi meja memungkinkan), dan memasukkan kue ke dalam stoples.
 

MAKAN BERSAMA

Setelah meletakkan semua peralatan kotor ke bak cucian piring dan membersihkan bagian yang kotor, ajak anak mencuci tangannya dengan sabun. Lalu, panggil seluruh anggota keluarga untuk menikmati hasil masakan kalian! Ia pasti merasa bangga karena berhasil menyelesaikan tantangan memasak, sekaligus bahagia karena hidangannya disukai seluruh keluarga.

FOTO: DOK. BABY HAPPY, SHUTTERSTOCK

 

Follow Us

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia