Masuk Museum Gratis Selama Agustus!



Menyambut hari ulang tahun ke-72 kemerdekaan Republik Indonesia, biaya masuk sejumlah museum dan cagar budaya yang berada di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) digratiskan sepanjang bulan Agustus 2017.
 
Kebijakan itu diungkapkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy, saat konferensi pers tentang Pameran Lukisan Koleksi Istana Kepresidenan di Galeri Nasional Indonesia, Jakarta, beberapa waktu lalu.
 
“Semua museum dan cagar budaya yang berada di bawah Kemendikbud akan digratiskan untuk dikunjungi wisatawan,” kata Mendikbud.
 
Ada tujuh museum yang berada di bawah pengelolaan Kemendikbud, kebanyakan di Jakarta, yang bisa dikunjungi si kecil, yaitu Museum Nasional Indonesia Jakarta, Museum Basoeki Abdullah Jakarta, Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta, Museum Kebangkitan Nasional Jakarta, Museum Sumpah Pemuda Jakarta, Museum Perumusan Naskah Proklamasi Jakarta, dan Museum Kepresidenan Republik Indonesia (Balai Kirti) di Bogor.
 
Selain itu, di Balai Pelestarian Manusia Purba Sangiran, Jawa Tengah, ada Museum Manusia Purba Klaster Bukuran, Ngebung, dan Museum Lapangan Manyarejo.
 
Direktur Jenderal Kebudayaan Hilmar Farid mengatakan, total cagar budaya yang berada di bawah pengelolaan Kemendikbud mencapai 300 buah. Tetapi cagar budaya yang menjadi objek wisata dan dikenakan tiket masuk sebenarnya hanya terdapat beberapa persen.
 
Yuk, jangan sampai terlewatkan kesempatan ini, Ma! Ajak si kecil ke museum-museum tersebut selama bulan Agustus ini.

Baca juga: Jalan-jalan Ke Museum dan Galeri