Membangun Ikatan Ayah dengan Bayi


Bukan zamannya lagi, hanya mama yang punya hubungan emosional kuat dengan bayi. Ayah pun bisa. Ayah bukan pemeran pengganti. Ayah punya cara berbeda untuk berhubungan dengan si kecil – dan baby ternyata sangat menikmati perbedaan ini. Nah, berikut ini ada beberapa hal yang dapat ayah lakukan untuk membantu meringankan beban mama, sekaligus bisa membangun ikatan yang kuat dengan bayi:

Berbagi peran menyusui
Dukunglah mama dalam memberikan ASI. Kehadiran ayah juga sangat menentukan sukses atau tidaknya pemberian ASI eksklusif. Yang harus ayah lakukan adalah ciptakan atmosfer menyusui yang positif agar pemberian ASI berlangsung lancar. Selain itu, mama juga dapat berbagi momen indah menyusui dengan ayah. Caranya? Jika ASI diibaratkan sebagai main course, biarkan ayah yang memberikan appetizer-nya. Misalnya, menggendong sambil menyendawakan bayi, atau menimang-nimangnya sampai Ia mengantuk dan tertidur.

 
Menggendong si kecil
Inilah momen yang tepat untuk memulai kedekatan dengan si kecil. Namun kenyataannya, tak jarang para ayah merasa ‘takut’ untuk menyentuh baby untuk pertama kali. Padahal, begitu Anda menggendong baby baru itu artinya semakin dini pula baby Anda mengenal sosok ayah. Pelukan dan dekapan saat menggendong secara tidak sadar akan membuat aroma tubuh Anda masuk ke dalam indera penciuman baby dan sentuhan dini yang diberikan akan melatih baby untuk mengenal Anda sebagai figur yang dekat dengannya selain mama. 

Ikut terjaga di tengah malam
Saat si kecil menangis di tengah malam, ayah seharusnya ikut bangun dan membantu mama menenangkan si kecil, hingga ia tertidur kembali. 
Ayah juga bersedia  dan sanggup membuat anak terlelap tidur, baik siang maupun malam hari. Jika terbiasa ditidurkan oleh ayah, kelak ketika beranjak dewasa Ia akan lebih mudah merasa nyaman saat bersama ayah, entah itu saat sedang bersedih, sakit, atau terluka.

Memandikan dan memakaikan baju si kecil
Ayah bisa memandikan si kecil sendiri, tanpa bantuan mama. Dua hal ini bukan semata-mata tugas seorang mama. Ikatan batin antara ayah dan bayi akan terjalin baik saat mencoba melakukannya. 


Bermain dengan si kecil
Bermain merupakan kegiatan menyenangkan sekaligus cara untuk memperkuat rasa cinta dan kedekatan anak dengan ayah. Tapi perlu diingat bahwa ketertarikan dan rentang perhatian bayi berbeda – beda terhadap suatu permainan. Jadi, jangan sampai berlebihan! Segera berhenti bermain dan beristirahat begitu si kecil memalingkan muka, mengalihkan pandangan matanya atau mulai rewel.  

 
Membacakan buku cerita
Meski si kecil akan memberi respon terhadap bunyi yang didengarnya, namun suara yang keluar dari mulut orang tua yang paling menarik perhatiannya. Ia akan belajar dengan cepat mengenal suara Anda ketika sedang gembira, sedih, tenang, khawatir ataupun marah. Ketika ayah mulai membacakan cerita, bayi memang belum mengerti arti kata dan kalimat yang terucap, namun ia memiliki kemampuan belajar yang cepat. Kegembiraan dan kehangatan ketika ayah membacakan cerita tertanam di memorinya bahwa membaca merupakan saat-saat menyenangkan. 

Mengganti Popok
Ayah juga perlu mendapat giliran mengganti popok atau celana bayi. Aktivitas ini adalah kesempatan ayah untuk menjadi lebih dekat dengan si kecil. Sebelum mengganti popok bayi, yakinkan dulu ayah melakukannya dalam ruangan yang bersuhu hangat. Selain itu, persiapkan semua barang yang dibutuhkan dalam jangkauan. Ingatkan juga pada ayah agar tidak meninggalkan bayi sendirian, walau sebentar. Gantilah popok bayi dengan lembut dan perlahan-lahan, serta dalam suasana yang menyenangkan.  

Selain itu, perlu juga diperhatikan karena kulit bayi masih sangat sensitif, sehingga mudah sekali mengalami iritasi, sebelum membeli pilihlah popok dengan daya serap tinggi dan cepat. Mama dan Ayah juga perlu memilih popok yang bisa membuat si kecil bebas bergerak setiap saat, karena saat si kecil mulai bisa berdiri dan berjalan, ia akan semakin aktif dan hobi bergerak. Si kecil yang sudah mulai bisa bergerak kesana kemari, memerlukan popok berbentuk celana yang nyaman dipakai, serta lebih praktis dan mudah saat Ayah atau Mama memakaikannya pada si kecil.

Agar si kecil tetap nyaman dan bebas bergerak meng eksplorasi sekitarnya, ia membutuhkan popok yang sesuai dengan lekuk tubuhnya, seperti popok Baby Happy Body Fit Pants. Popok berbentuk celana ini sangat nyaman digunakan dan sesuai dengan lekuk tubuhnya, sehingga si kecil bebas bergerak tanpa merasa gerah.

Lapisannya pun lembut dan tipis, sehingga tidak menyebabkan ruam atau gatal di kulit si kecil, karena dibuat dengan inovasi Comfort & Dry. Lapisannya mampu menyerap cairan lebih banyak dan tahan hingga 12 jam. Baby Happy juga menggunakan Super Absorbent Polymer, yang dapat menyerap 50% lebih banyak, sehingga aman dan tidak bocor walaupun dipakai selama anak beraktivitas.

Dengan teknologi Double Pressure, Baby Happy Body Fit Pants tetap tipis, meskipun memiliki kapas yang lebih banyak. Selain itu, Baby Happy 
Body Fit Pants memiliki perekat ultra sonic, sehingga karet pinggang lebih tinggi, fleksibel, dan tidak mudah melorot, meski anak bergerak aktif. Si kecil bisa bebas bergerak setiap saat dan bebas gerah, deh. KALAU ANAK NYAMAN, KITA JADI TENANG!

WEBTORIAL