Menciptakan Momen Berharga Dengan Anak

Dibandingkan ketika anak masih bayi, tentunya Anda tidak lagi sering memeluk, mencium, apalagi menyusuinya. Tapi meski begitu, Mama tetap mesti menemukan cara untuk tetap dekat dengan dirinya. Kalau tidak, bonding yang tercipta sejak dia masih bayi terancam luntur sedikit demi sedikit.

Kegiatan seperti membaca bersama dan bercanda, bisa sering-sering dilakukan untuk memelihara kedekatan Anda dengan anak. Berikut tip lain dari Tammy Gold, psikoterapis dan pemilik lembaga konsultasi Gold Parent Coaching di New York:

•    Selalu Berkomunikasi. Jalinlah komunikasi dengan anak di sela-sela pekerjaan, misal kirim SMS, telepon atau video call lewat Tab. Tanyakan hal-hal sepele seperti keadaannya di rumah atau kegiatannya di sekolah dan teman-temannya.

•    Ajak ngobrol saat menghabiskan waktu bersama. Sambil berjalan-jalan, ajak anak menghitung berapa banyak mobil, pohon, benda berwarna merah, yang Anda lewati di perjalanan. Ajak pula dia mengobrol meski dia tidak menjawab dan pada akhirnya Anda mesti menimpali omongan sendiri. Misalnya:

"Fanny, tadi kita pergi ke tempat tante Siska, ya?
Iyabetul!
Terus, di sana Fanny main sama siapa?
Iya, tadi Fanny main sama Patricia!”

Dengan cara ini, Anda akan membuat si kecil terbiasa mendengar alur percakapan dan mampu menerapkannya sendiri kelak.

•    Ekspresikan. Tunjukkan rasa sayang kepada anak misal dengan memberi pujian, memotivasinya dan mendukung kegiatan positif yang memang ia sukai.

•    Teman untuk berbagi. Jadilah orang tua yang tidak sekedar orang tua, artinya bisa menjadi orang tua sekaligus teman atau sahabat anak. Tempat di mana anak bisa bercerita tentang segala hal yang ia rasakan tanpa malu dan segan.

•    Sebut nama sahabatnya. Jika anak sudah punya sahabat, sering-seringlah menyebut nama sahabatnya itu. Misalnya, sebelum dia tidur, Anda ucapkan, “Ayo bobo, sayang. Bryan dan Prita juga pasti sudah naik ketempat tidur sekarang.” Ini akan menunjukkan pada si kecil bahwa Anda betul-betul memahami dirinya dan dunianya.

•    Berpelukan. Awali mimpi indahnya dengan pelukan hangat menjelang tidur. Ketika anak sudah memakai piyama, berganti-gantianlah dengan suami memeluknya erat-erat.

•    Bermain dan belajar bersama lewat Tab. Dampingi si kecil saat menggunakan Tab untuk kegiatan belajarnya. Saat ini makin banyak aplikasi edukatif yang bersifat interaktif untuk melatih daya ingat anak, seperti puzzle, menggambar dan mewarnai. Jadi, kegiatan bersama ini tak hanya membuat anak belajar dengan fun, tapi juga mendekatkan Anda dengan anak.

www.tab4bettermoments.com

WEBTORIAL

 

Follow Us

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia