Tip Hemat Budget Liburan

Liburan sekolah tiba. Anda ingin mengajak keluarga pergi berlibur. Tetapi, harga tiket biasanya sudah tinggi pada saat ini. Siasati pengeluaran yang bengkak karena membeli tiket dengan memangkas pengeluaran pada aspek berikut:

  • Akomodasi. Jika family room di sebuah hotel bintang tiga terlalu mahal untuk liburan kali ini, coba pilih alternatif lain. Misalnya, menginap di hostel atau budget hotel, menyewa sebuah rumah, atau menumpang di rumah kerabat. Cara lain adalah dengan rajin-rajin mengecek promo yang ditawarkan oleh travel atau situs online booking.
  • Aktivitas. Kegiatan selama liburan memang yang paling penting dan akan membuat liburan keluarga menjadi berkesan. Namun, cek lagi kegiatan mana yang mengeluarkan uang paling besar. Apakah kegiatan tersebut tetap perlu dilakukan? Lakukan lagi riset terhadap kota atau negara yang akan dikunjungi. Terkadang, untuk dapat menikmati suatu pengalaman tak membutuhkan biaya yang besar.
  • Transportasi. Membawa anak-anak berlibur tentu membuat Anda memikirkan sarana transportasi yang nyaman serta dapat mengangkut seluruh anggota keluarga. Namun, bila anak-anak sudah cukup besar atau sarana transportasi di kota itu cukup baik, sebaiknya hilangkan saja pengeluaran untuk menyewa mobil. Ajak keluarga Anda berjalan kaki, menyewa sepeda (yang tentu saja biayanya lebih murah!), dan naik kendaraan umum. Ini akan jadi sebuah pengalaman seru untuk si kecil.
  • Makanan. Bila Anda menginap di hotel dengan fasilitas sarapan pagi, manfaatkanlah dengan baik. Bangun tepat waktu agar Anda bisa menikmati sarapan yang disediakan hotel. Jika Anda menyewa rumah dan memiliki akses dapur, coba masak sendiri makanan untuk keluarga alih-alih membelinya. Berencana piknik di taman? Pergilah ke pasar terdekat dan beli saja buah-buahan serta bahan makanan untuk membuat sandwich. Keluarga Anda tetap bisa menikmati makanan enak dan Anda bisa menghemat pengeluaran liburan.

 

Follow Us

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia