Resep : Oliebollen


BAHAN:

500 g terigu
500 g susu hangat
10 g ragi / yeast kering
40 g unsalted butter
2 sendok makan brown sugar / gula aren
1 sendok makan perasan lemon
1/2 sendok teh garam
3 telur
180 gr kismis
100 gr apel segar, potong dadu kecil
Gula halus untuk taburan
Minyak untuk menggoreng

CARA MEMBUAT:
  • Tuangkan tepung terigu ke dalam mangkuk plastik besar. Kemudian buat kubah di tengah tumpukan terigu, masukkan butter di tengah kubah lalu aduk dengan tangan agar terigu dan butter menyatu.
  • Tambahkan telur, lalu aduk hingga semua bahan tercampur rata.
  • Aduk yeast bersama susu hangat, lalu tambahkan ke dalam adonan. Aduk kembali hingga semua bahan menyatu menjadi adonan yang lembut dan lunak.
  • Setelah adonan menjadi kalis, tambahkan kismis dan potongan apel. Aduk hingga tercampur rata.
  • Tuangkan adonan ke dalam wadah, lalu tutup dengan kain lembap. Biarkan mengembang selama 30 menit. Tekan adonan untuk mengempiskan.
  • Bentuk adonan menjadi bulatan kecil dengan menggunakan sendok.
  • Deep fry adonan hingga berubah warna kecokelatan. Angkat, tiriskan.
  • Saat akan disajikan, taburi dengan gula halus.
Tip:
Dalam banyak budaya, termasuk di Belanda, bentuk cincin atau bulat melambangkan kemakmuran. Diharapkan dengan memakan oliebollen, akan membawa keberuntungan di tahun yang baru. Tradisi ini sudah dimulai sejak musim dingin abad pertengahan hingga kini. Oliebollen yang lezat memiliki tekstur seperti roti tapi lebih ringan, tidak berminyak, isi cukup banyak dengan bagian luar yang garing. Selain kismis dan apel, variasi isi bisa berupa sukade, parutan kulit jeruk, chocolate chip dan pisang.

BROWN SUGAR VS GULA PALEM
Serupa, tapi tak sama. Dari segi komposisi, kandungan sukrosa yang tinggi dalam brown sugar akan dengan mudah mengubahnya menjadi karamel jika dimasak dengan panas tinggi. Karamel membuat adonan lebih kental dan hasil kue bertekstur padat. Sedangkan gula palem dihasilkan dari gula kelapa dengan kandungan glukosa dan sukrosa yang sama tinggi. Hasilnya, karamel sulit terbentuk dan tekstur kue jadi lebih basah.

Edisi Terbaru

Try Something New

Follow Us

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia