Resep : Tteokguk


BAHAN:

300 g tteok siap pakai, iris tipis
60 ml putih telur ayam
2 batang bawang daun, iris serong tipis

KALDU:
1½ l air
350 g daging sapi bagian paha dalam,potong dadu 2 cm
6 siung bawang putih, cincang halus, tumis

BUMBU:
2 sdm kecap ikan
1 sdt minyak zaitun
1 ½ sdt garam
½ sdt merica hitam bubuk

TELUR DADAR:
2 sdt minyak sayur
2 kuning telur ayam, aduk dengan garam
½ sdt garam

TABURAN:
3 lembar nori, gunting tipis memanjang 5 cm

CARA MEMBUAT:
  • Rendam irisan tteok dalam air dingin hingga saat digunakan, supaya tidak saling melekat. Sisihkan.
  • Kaldu: Rebus air dan daging sapi hingga mendidih. Kecilkan api. Masukkan bawang putih. Masak hingga daging matang (20 menit). Saring lemak-lemak yang mengapung. Tambahkan bumbu, aduk rata. Masak hingga daging empuk.
  • Masukkan tteok, masak hingga tteok matang (8 menit). Masukkan putih telur, aduk hingga putih telur berserabut. Masukkan bawang daun, aduk rata sejenak. Angkat.
  • Telur dadar: panaskan minyak di wajan datar persegi antilengket. Tuang kuning telur, ratakan, masak hingga matang. Gulung. Angkat. Iris tipis. Sisihkan.
  • Tata tteok dalam mangkuk saji. Siram dengan kaldu beserta isiannya. Beri irisan telur dan nori. Sajikan hangat.
Tip:
- Tteok adalah kue yang dibuat dari serealia, terutama beras atau ketan. Tteok bisa dibuat dengan cara dikukus, ditumbuk, direbus, atau ditumis. Tteok juga dibuat dalam berbagai variasi rasa untuk hari-hari perayaan. Walaupun dimasak, tteok tidak akan menjadi liat sehingga bisa dipakai untuk berbagai masakan tumis dan goreng.

- Di Korea, tahun baru imlek disebut dengan Seolnal, yang bermakna setiap warga bertambah umur satu tahun. Sesuai tradisi, mereka akan memakan semangkuk sup panas yang disebut Tteokguk, untuk lambang pertambahan umur. Karena itu, jika ingin panjang umur sup tahun baru ini harus disantap sampai habis. Tteokguk juga biasa disantap pada saat ulang tahun. Tteok yang menjadi bahan utamanya, berbentuk bulat dan panjang lalu diiris tipis, kemudian dimasak dengan kuah daging sapi atau ayam.

 

Edisi Terbaru

Aku Indonesia

Follow Us

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia