3 Bahasa Asing Ini Perlu Anak Pelajari dari Sekarang


Di tengah era globalisasi yang semakin pesat menguasai bahasa asing sudah menjadi kebutuhan sebagai kunci kesuksesan di masa  mendatang. Selain bahasa Inggris, 3 bahasa asing yakni bahasa Perancis, Jerman, dan Mandarin merupakan bahasa yang perlu dikuasai anak untuk masa depannya, menurut studi baru yang diusung The centre for Economics and Business Research and Opinion. Ini alasannya:

Perancis
Selain belajar Bahasa Inggris, banyak orang yang memilih untuk belajar bahasa Perancis. Menurut statistik, lebih dari 1 juta orang di Amerika yang berbicara dengan Bahasa Perancis. Ini membuktikan Bahasa Perancis menempati urutan teratas dan dianggap patut dipelajar anak-anak dari sekarang.

Mandarin
Mengingat luasnya populasi di China dari pertumbuhan ekonomi hingga meningkatnya kekuasan politik, para ahli merekomendasikan untuk belajar bahasa Cina Mandarin. Bahasa ini menjadi salah satu bahasa penting untuk dipelajari. Di seluruh dunia bahasa Mandarin banyak dipelajari oleh anak-anak sejak dini, termasuk Indonesia.

Jerman
Bahasa Jerman termasuk salah satu bahasa yang paling populer di dunia. Bahasa Jerman merupakan bahasa utama untuk belajar ekonomi global saat ini juga. Di Eropa, anak-anak sekolah sedang belajar bahasa Jerman karena ekonomi di Jerman sangat kuat.

Mengapa Anak Anda Perlu Belajar Bahasa Asing?
Menurut Antonella Sorace, profesor pengembangan bahasa dan direktur bilingual di Edinburgh University mengungkapkan bahwa belajar bahasa memberi banyak manfaat pada perkembangan anak dan ini merupakan investasi yang baik untuk masa depan. Bahkan, penelitian yang dipublikasikan dalam Psychological Science menunjukan bahwa Anak-anak yang belajar bahasa asing yang berbeda dari bahasa ibunya akan lebih terbuka pada perbedaan budaya, dapat membuat keputusan hidup yang lebih cepat, serta mempunyai sudut pandang yang berbeda.

Penelitian terbaru dari University of Chicago menunjukan bahwa anak-anak yang belajar bahasa asing juga akan menjadi lebih baik dalam multitasking dan kerap menjadi pembaca yang baik dibanding lainnya. Dengan menguasai beberapa bahasa asing, poin akan bertambah di pasar kerja mendatang dan membuat anak-anak Anda lebih percaya diri.

Baca juga: 5 Cara Ini Stimulasi Kemampuan Bahasa Anak

Umur Berapa Sebaiknya Anak Anda Belajar Bahasa Asing?
Dilansir dari parents.com, para ahli mengatakan bahwa anak-anak harus mulai belajar bahasa asing dari usia muda, lebih muda lebih baik. Anda bisa memulai mengajarkan anak sebelum menginjak usia puber (usia 12 atau 13). Belajar bahasa asing tersebut bisa belajar dari buku, CD, dan DVD dalam bahasa pilihan Anda.

Selain perlu menguasai 3 bahasa di atas, dilansir dari parents.com, ternyata ada beberapa bahasa asing lainnya yang perlu anak pelajari. Apa saja? Simak di sini.

Spanyol
Bahasa ini merupakan bahasa paling umum kedua setelah Inggris di Amerika Serikat dengan 34 juta pengguna. Spanyol merupakan bahasa asing yang paling mudah untuk orang yang juga sedang belajar bahasa Inggirs. Sebagian kosakata Spanyol juga mirip dengan Bahasa Inggris.

Itali
Di banyak sekolah, bahasa Italia ini melampaui kepopuleran bahasa Perancis sebagai bahasa asing yang patut dipelajari. Menurut Matt Drucker pendiri Italian Language Littles di Massapequa, New York selama lima tahun terakhir, peningkatan permintaan bahasa Italia di sekolah anak semakin populer.

Bahasa Isyarat Amerika
Meskipun tidak termasuk dalam bahasa asing, namun bahasa isyarat Amerika merupakan bahasa yang paling banyak digunakan di Amerika Serikat. Semakin banyak orang tuli dan penyandang berkebutuhan khusus maka bahasa ini akan sangat diperlukan bagi anak-anak di masa depan. (Irma)

Foto: pixabay

 

 

Edisi Terbaru

Aku Indonesia

Follow Us

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia