5 Gadget Ini Dukung Kreativitas Anak

Laju perkembangan teknologi dari masa ke masa semakin bisa dihindari. Mau tidak mau, kita sebagai orang tua harus berupaya mengimbangi perkembangan itu agar tidak tertinggal di belakang alias out of date. Selain membekali diri dengan pengetahuan seputar teknologi dan penggunaan gadget, Mama dan Papa juga perlu mengedukasi si kecil agar ia ikut merasakan dampak dari teknologi yang mempermudah aktivitas sehari-hari. Tak terkecuali, mempermudah tugas-tugas dan kegiatan sekolahnya.

Beberapa gadget berikut ini mungkin sudah akrab menemani si kecil baik di rumah maupun di sekolah. Selain bisa mendukung belajar, gadget-gadget ini juga bisa dieksplorasi untuk mengembangkan kreativitas anak. Tentunya dengan bantuan dan pengawasan dari orang tuanya, ya:

1. Smartphone


Tak hanya sebagai alat komunikasi, HP atau smartphone memiliki fungsi lain yang bisa dieksplorasi anak. Mama dan Papa dapat menunjukkan kepada si kecil cara menjelajah internet yang baik. Misalnya, untuk mencari suatu informasi tertentu tentang habitat dunia hewan. Fungsi hiburan dari gadget juga tidak dapat dikesampingkan. Saat si kecil bosan, ia dapat memanfaatkan fitur video, musik, bahkan aplikasi game yang tersimpan di gadget. Tak ketinggalan fungsi edukasi, jika perangkat telepon pintar dilengkapi dengan fitur untuk menyimpan e-book dan membuat jurnal. Selain itu, si kecil juga bisa menstimulasi bakat membidik cahayanya dengan mengabadikan berbagai momen di sekolah menggunakan kamera ponsel.


2. 2 in 1 notebook


Pada notebook  model 2 in 1, notebook  dan tablet  didesain menjadi satu device. Keunggulannya, bagian layar dapat dilepas dari dock keyboard, kemudian difungsikan menjadi tablet PC. Biasanya ukuran notebook ini dibuat lebih kecil dari laptop sehingga memudahkan si kecil membawanya. Mengenai fungsionalitas, tak berbeda jauh dari perangkat telepon pintar. Hanya saja, si kecil akan lebih mengenal sistem operasi yang lebih kompleks dibandingkan pada telepon pintar. Dan jika jika usianya sudah mencukupi, anak pun dapat terlibat pada pengolahan data yang lebih rumit.


3. Smartwatch

Selain sebagai penanda waktu, fungsi unggulan dari smartwatch adalah untuk mengetahui lokasi keberadaan si kecil berdasarkan GPS yang dipantau melalui HP Mama atau Papa. Belakangan ini, bahkan terdapat jam pintar yang tidak perlu terhubung dengan smartphone, melainkan cukup dengan koneksi 3G. Pada dasarnya alat ini digunakan untuk menunjang keamanan si kecil ketika beraktivitas di luar rumah. Namun sejumlah produsen sudah melengkapi dengan beragam fitur untuk menangkap gambar dan video. Selain itu, si kecil juga dapat menggunakan jam pintar ini untuk berkomunikasi melalui pengiriman dan penerimaan panggilan dan pesan.

4. Kamera digital


Outing sekolah tidak akan lengkap tanpa mengabadikan momen dalam bentuk foto. Jika si kecil belum terbiasa membawa seperangkat alat kamera, Anda dapat melatihnya, Ma. Tak harus dengan kamera DSLR yang mahal. Karena di pasaran sudah tersedia kamera digital yang didesain khusus untuk mengakomodir kebutuhan memotret si kecil. Biasanya ia memiliki desain catchy, tetap aman, meski mengalami  benturan dan memiliki kemampuan kedap air. Jadi tak mudah rusak, meski dibawa mandi atau berenang.

5. Printer


Usai acara outing sekolah, pasti banyak kan foto-foto hasil bidikan si kecil yang terekam dalam kamera ponsel maupun kamera digital si kecil? Ajak si kecil untuk mencetak hasil karyanya menggunakan printer HP DeskJet Ink Advantage 3775 yang kredibel dan mudah digunakan. Printer ini merupakan must have item gadget buat anak usia sekolah, karena tak hanya untuk mencetak foto, banyak tugas sekolah yang memerlukan gadget ini. Mulai dari membuat prakarya sekolah, mencetak tugas makalah, hingga lembar bermain, seperti lembar mewarnai. Printer HP DeskJet Ink Advantage 3775 memiliki banyak keunggulan, di antaranya desain printer yang stylish dan modern, yang dilengkapi teknologi wireless sehingga dapat langsung menerima perintah cukup melalui smartphone. Mama tinggal mengaktifkan jaringan wireless yang terhubung langsung pada printer dan perangkat yang akan mengirim data. Ukurannya yang compact membuat printer terkecil di dunia ini bisa diletakkan di meja tanpa memakan tempat banyak.


Widi Mulia, salah seorang personil B3, yang juga mama dari 3 anak, sudah mencoba keunggulan dari printer HP DeskJet IA 3775, "Yay! Hasil kreasi Dru yang kali ini dia kerjakan melalui laptop, akhirnya bisa dicetak. Dengan teknologi wireless yang bisa terhubung langsung dengan laptop atau gadget lain, membuat Dru dan Widuri lebih semangat berkreasi!"

WEBTORIAL