5 Nilai Ini Latih Anak Jadi Pengguna Digital yang Cerdas


Setelah berhasil mencuri perhatian generasi milenial, kini internet juga sudah digandrungi oleh banyak anak dari generasi Z bahkan generasi Alfa, kelompok usia anak yang tergolong masih muda. Sayangnya, kegemaran baru anak-anak ini belum diimbagi oleh pengetahuan dan keterampilan yang dimilikinya saat menjelajah di dunia online. Akhinya, dunia online menjadi satu-satunya pihak yang disalahkan ketika anak mulai mencontoh perilaku negatif yang didapatkannya setelah ‘bertualang’.

Perilaku dalam menggunakan internet secara bijak pun sering menjadi tema besar Mama dan Papa ketika membicarakan anak-anak yang sulit lepas dari gadgetnya. Sudah sewajarnya jika ini menjadi sorotan Mama dan Papa sebagai orang yang paling berpengaruh dalam kehidupan anak untuk mengarahkannya agar bersikap cerdas, positif dan menaati nilai-nlai yang berlaku tidak hanya di dunia nyata namun juga ketika mereka sedang berada di dunia online.

Menjelang liburan sekolah ini, Mama dan Papa perlu lebih perhatian pada kegiatan anak di dunia online. Pasalnya, anak punya lebih banyak waktu untuk menelusuri setiap hal di internet yang menarik perhatiannya.

Menurut Google, ada 5 nilai utama yang harus dipahami ketika anak menjelajah dunia online, yaitu:
  1. Be internet smart dengan selalu berhati-hati ketika memposting sebuah hal.
  2. Be internet alert dengan tidak mudah percaya informasi yang belum jelas kredibilitas sumbernya.
  3. Be internet strong dengan tidak mengumbar hal yang bersifat rahasia
  4. Be internet kind bersikap baik itu keren.
  5. Be internet brave dengan mengkomunikasikan segala hal ketika merasa ragu.
Sejalan dengan itu, baru-baru ini Google menciptakan sebuah permainan online interaktif berbasis web yang disebut Interland agar anak dapat belajar secara mendalam namun tetap terasa meyenangkan. Permainan ini dirancang sesuai format yang disukai anak dengan mempraktikkan keterampilan yang mereka butuhkan untuk menjadi warga digital yang baik. Anak-anak akan diajak memerangi hacker, phisher, oversharers dan bullies melalui karakter yang muncul dalam permainan.
 
Selain itu, Google juga membuat konten video untuk Mama dan Papa untuk membantu para orang tua memulai obrolan mengenai keamanan digital bersama anak. Karena faktanya, sering kali orang tua tidak tahu harus memulai obrolan dari mana. Bekerjasama dengan John Green, What’s Inside? Family dan MinutePhysics Google membuat sebuah rangkaian video yang memperlihatkan aktivitas keluarga yang ditantang untuk mempraktikan lima nilai yang harus dimiliki anak saat berada di dunia online. Ini bisa menjadi contoh untuk Mama dan Papa saat membuka percakapan pada anak. Dengan terlibatnya seluruh anggota keluarga, penanaman pentingnya kelima nilai tersebut akan lebih mudah dimengerti anak.
 
Kedua dukungan Google ini merupakan bagain dari kampanye Be Internet Awesome, sebuah cara menyenangkan untuk mempelajari dunia melalui internet yang aman untuk anak. (WIT)


Baca juga:
13 Aturan Anak Menggunakan Internet

 

Edisi Terbaru

Aku Indonesia

Follow Us

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia