Ajarkan 7 Kebaikan Ini Kepada Anak


 



















Kebaikan itu sangat luas maknanya, tapi ada 7 kebaikan utama yang diperlukan untuk membangun kecerdasan moral seseorang. Menurut psikolog Nessi Purnomo, kebaikan-kebaikan ini akan melindungi anak agar tetap berada di jalan yg benar dan membantu anak agar selalu mengutamakan moralnya dalam setiap tindakan. Dan yang paling penting, semua kebaikan ini dapat diajarkan, dicontohkan, hingga akhirnya ditiru oleh anak.

Inilah 7 kebaikan utama:

Empati Merupakan inti emosi moral yang membantu anak memahami perasaan orang lain. Kebaikan ini membuatnya menjadi peka terhadap kebutuhan dan perasaan orang lain, mendorongnya menolong orang yang kesusahan/kesakitan, serta menuntutnya memperlakukan orang dengan kasih sayang.

Hati nurani
Suara hati yang membantu anak memilih jalan yang benar, serta tetap berada di jalur yang bermoral, membuat dirinya merasa bersalah ketika menyimpang dari jalur yang semestinya. Kebaikan ini membentengi anak dari pengaruh buruk dan membuatnya mampu bertindak benar meski ada godaan untuk melakukan hal yang sebaliknya.

Kontrol diri
Membantu anak menahan dorongan dari dalam dirinya dan berpikir sebelum bertindak, sehingga dapat melakukan hal yang benar dan kecil kemungkinan mengambil tindakan yang akan menimbulkan akibat buruk. Kebaikan ini membantu anak menjadi mandiri karena ia tahu bahwa dirinya bisa mengendalikan tindakannya sendiri.

Menghormati orang lain
Kebaikan ini mengarahkan anak memperlakukan orang lain sebagaimana ia ingin orang lain memperlakukan dirinya, sehingga mencegah anak bertindak kasar, tidak adil, dan bersikap memusuhi.

Jika anak terbiasa bersikap hormat terhadap orang lain, maka ia akan memperhatikan hak-hak serta perasaan orang lain, dan pada akhirnya ia juga akan menghormati dirinya sendiri.

Kebaikan hati
Membantu anak untuk mampu menunjukkan kepeduliannya terhadap kesejahteraan dan perasaan orang lain. Dengan mengembangkan kebaikan ini, anak menjadi lebih berbelas kasih dan tidak terlalu memikirkan dirinya sendiri, serta menyadari perbuatan baik sebagai tindakan yang benar.

Keadilan
Menuntun anak agar memperlakukan orang lain dengan baik, tidak memihak, adil, mematuhi aturan, mau bergiliran dan berbagi, serta mendengar semua pihak secara terbuka sebelum memberi penilaian apapun.

Kebaikan ini meningkatkan kepekaan moral anak, ia akan terdorong membela pihak yang diperlakukan secara tidak adil dan menuntut agar semua orang tanpa memandang suku, bangsa, budaya, status ekonomi, kemampuan/keyakinan diperlakukan setara.

Toleransi
Membuat anak mampu menghargai perbedaan kualitas dalam diri orang lain, membuka diri terhadap pandangan dan keyakinan baru, serta menghargai orang lain tanpa membedakan suku, gender, penampilan, budaya, kepercayaan, kemampuan, atau orientasi seksual.

Kebaikan ini membuat anak memperlakukan orang lain dengan baik dan penuh pengertian, menentang permusuhan, kekejaman, kefanatikan, serta menghargai orangorang berdasarkan karakter mereka.

Baca juga: Ajarkan Anak Berperilaku Tepat Sesuai Emosi

Foto Dok.123rf